Samarinda

Anggaran Tiap Tahun Terbatas, Markaca Akui Probebaya Sangat Membantu

Anggota Komisi III DPRD Samarinda, Markaca. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Usulan dari masyarakat disampaikan oleh setiap RT melalui musyarawah perencanaan pembangunan (musrenbang). Mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan dan terakhir di tingkat kota yang disesuaikan dengan anggaran yang ada.

Di antaranya banyaknya usulan masyarakat, hampir sebagian besar mengusulkan pemenuhan infrastruktur. Seperti yang diakui Anggota Komisi III DPRD Samarinda, Markaca. Mewakili daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Samarinda Kota, Ilir dan Sambutan, menurutnya usulan warga memang bervariatif.

Baca  Cegah Dampak Hukum, Sekretariat DPRD Samarinda Gandeng Kejaksaan  

“Kalau ditotal mungkin bisa tembus Rp15 triliun untuk semua kecamatan, sedangkan APBD kita tahun depan informasinya Rp2,8 triliun belum termasuk bantuan provinsi dan pusat,” jelasnya.

Memang untuk menjawab semua kebutuhan masyarakat, tak bisa hanya dipenuhi untuk satu tahun anggaran. Sehingga ada yang sebagian terlaksana dan ada juga harus menunggu untuk usulan di tahun berikutnya.

Sementara bagi Politikus Partai Gerindra ini, anggaran dari Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Probebaya), bisa dimanfaatkan bagi masyarakat. Khususnya kegiatan kecil yang bisa dibiayai dari lingkup RT sebesar Rp100 juta pertahun.

Baca  Anggota Dewan Shania Dukung Pembangunan Sekolah Internasional di Samarinda

“Kalai kegiatan kecil bisa diusulkan di probebaya, kalau yang besar-besar itu menjadi kewajiban Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk dikerjakan,” paparnya.

Mantan ketua RT di lingkungannya ini mengakui, sejak ada probebaya tentunya kebutuhan masyarakat satu persatu terjawab. Khususnya untuk pemenuhan infrastruktur dari tingkat paling bawah yaitu lingkup RT.

Baca  Masih Banyak Jalan Minim Penerangan, Novan Minta Pemenuhan PJU Disesuaikan Skala Prioritas 

“Harapannya semoga usulan yang ada dalam probebaya bisa tepat sasaran,” tutup Markaca.

[NFA-1]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button