KaltimSamarindaZona Kampus

Konsorsium Empat Perguruan Tinggi Vokasi di Kaltimtara Cetak SDM Siap Kerja

Foto Bersama kegiatan Vokasi Bootcamp Media 2024 (Foto: Editorialkaltim/Adryan)

Editorialkaltim.com – Dalam rangka meningkatkan engagement publik dan media terhadap pendidikan vokasi serta pelayanan prima di bidang layanan informasi pendidikan vokasi, Direktorat Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristek) melalui Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, Politeknik Negeri Balikpapan, dan Politeknik Negeri Nunukan mengadakan kegiatan “Vokasi Bootcamp Media 2024”.

Kegiatan dengan tema “Pendidikan Vokasi sebagai Faktor Pembangunan Ekonomi Daerah Kaltimtara” ini berlangsung pada Senin (30/9/2024) di Kampus Politeknik Negeri Samarinda. Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah media pers yang ada di Samarinda serta lembaga kemahasiswaan dari perguruan tinggi vokasi di Samarinda.

Dalam acara itu, Yosep Suprayogi, mantan wartawan Tempo, turut diundang sebagai pembicara yang memberikan materi tentang dunia jurnalistik.

Baca  Soroti Sistem Zonasi Sekolah di Samarinda, Sopian: Perlu Pembenahan

Ketua Konsorsium Vokasi Kaltimtara, Surahman, mengatakan bahwa program yang diadakan hari ini merupakan bagian dari penguatan Ekosistem Kemitraan yang dilakukan perguruan tinggi vokasi bersama mitra kerja dari dunia industri, yang didukung oleh media sebagai sarana penyebarluasan informasi tentang kegiatan perguruan tinggi vokasi.

Perguruan tinggi vokasi bersama dengan pengusaha dan industri telah menjalin kerja sama dalam hal link and match antara tenaga kerja dan penyedia lapangan pekerjaan.

“Perguruan tinggi vokasi mencetak lulusan yang siap pakai di dunia industri. Apa yang kami lakukan lebih banyak praktik dibanding teori. Praktik magang PKL juga sejalan dengan link and match yang kami pelajari sesuai dengan kebutuhan industri,” terang Surahman.

Baca  Novan: Pemanfaatan Lahan Harus Kantongi Izin

Proses belajar dan mengajar di perguruan tinggi vokasi berbeda dengan perguruan tinggi lainnya. Lebih banyak praktik daripada teori menjadi ciri khas perguruan tinggi vokasi, agar para mahasiswa memperoleh kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan dan dunia industri. Dengan demikian, lulusan dari perguruan tinggi vokasi dapat langsung bekerja; bahkan sebelum lulus, mereka telah bekerja.

Wakil Direktur IV, Said Keliwar, yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara, mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan penguatan ekosistem mitra kerja perguruan tinggi vokasi. Sebelumnya telah dilakukan pertemuan dengan pihak dunia usaha dan industri, dan saat ini dilakukan pertemuan dengan media.

Baca  Pansus LKPJ Wali Kota Samarinda Nilai Proyek Pembangunan Belum Transparan

Ini merupakan upaya penyebarluasan informasi terkait kegiatan yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi vokasi.

“Peran media sangat penting untuk mendukung hal ini,” ujar Said Keliwar.

Ia berharap melalui forum ini, informasi terkait peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) secara masif dapat dilakukan oleh Perguruan Tinggi Vokasi yang tergabung dalam konsorsium empat politeknik di Kaltimtara.

“Mudah-mudahan, kolaborasi empat perguruan tinggi vokasi dapat memberikan informasi sejauh mana kontribusi peningkatan SDM yang dilakukan maupun dalam hal membuka lapangan kerja,” pungkasnya. (adr/ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button