Penajam Paser Utara

Hadiri Rakornas Posyandu Tahun 2024, Pembina Posyandu PPU Dukung Pembangunan Merata Indonesia

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Posyandu 2024 (istimewa)

Editorialkaltim.com – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Posyandu 2024 diadakan di Indonesia Conventions Exhibition (ICE), Tangerang, Jakarta, Senin (26/8/2024). Kegiatan ini menandai langkah besar dalam reformasi pelayanan terpadu di Indonesia. Rakornas dihadiri oleh pembina Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Kabupaten Penajam Paser Utara, Linda Romauli Siregar, tidak hanya meluncurkan logo baru Posyandu tapi juga menggambarkan komitmen kuat terhadap pemberdayaan masyarakat dari Sabang sampai Merauke.

Dalam acara tersebut, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, sebagai Keynote Speaker, menekankan pentingnya Posyandu dalam mendukung kepala desa dan kelurahan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Posyandu kini diharapkan tidak hanya sebagai pusat kesehatan tapi juga sebagai pusat pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dengan mengacu pada Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang meliputi enam bidang,” ujar Tito Karnavian.

Baca  Pj Bupati Minta Pejabat Tidak Saling Jegal, Namun Bekerjasama untuk Kemajuan PPU

Sosialisasi dalam Rakornas juga diperkaya oleh kehadiran para narasumber seperti Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Dr. Laode Ahmad P. Balombo, yang menyampaikan materi tentang peran dan tugas Posyandu dalam pembangunan desa.

Pembina Posyandu Tingkat Pusat, Tri Tito Karnavian, dalam kesempatan tersebut, menambahkan, “Ini merupakan momen bersejarah untuk transformasi Posyandu, yang kini berperan lebih luas dalam mencapai target-target pembangunan pemerintah pusat dan daerah.”

Baca  Kecamatan Tabang Raih Juara Pertama di Lomba Miskat Pesta TP PKK Kukar

Pembina Posyandu tingkat Kabupaten PPU, Linda Romauli Siregar, menyampaikan bahwa pendekatan desentralisasi ini adalah respons terhadap kebijakan Presiden Joko Widodo yang ingin pembangunan merata di seluruh Indonesia. “Pembangunan yang tidak hanya terpusat di kota-kota besar tapi juga menjangkau pelosok negeri adalah kunci untuk mengurangi laju urbanisasi,” ucap Linda.

Rakornas ini dihadiri oleh seluruh tim penggerak pembina Posyandu dari provinsi hingga kabupaten/kota, serta kepala desa dan lurah se-Provinsi Banten dan DKI Jakarta, yang semua berkomitmen untuk mendukung transformasi ini. (Roro/adv)

Baca  Komunitas UMKM dan Klinik UMKM Dibentuk, Langkah Strategis Pendataan dan Pemberdayaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button