Kukar

Posyandu Teratai Desa Enggelam Raih Juara 1 Tingkat Kabupaten

Foto bersama Posyandu Teratai bersama Kades Desa Enggelam (Editorial).

Editorialkaltim.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengumumkan lomba Posyandu terbaik tingkat kabupaten. Pengumuman tersebut dilakukan di gedung Putri Karang Melenu (PKM) bersamaan dengan acara pelantikan ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan. 

Kepala DPMD Kukar, Arianto mengatakan DPMD Kukar secara resmi mengumumkan untuk para juara lomba Posyandu terbaik tingkat kabupaten.  Terdapat 6 juara, mulai dari juara 1 hingga juara harapan 3, yang berasal dari 6 kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Baca  Bupati Kukar dan Pj Gubernur Kaltim Perkuat Silahturahmi Dalam Rangka Hari Raya idul Fitri

“Untuk juara 1 dari Desa Muara Enggelam, mereka akan dikirim untuk mengikuti Posyandu tingkat Kaltim. Pembinaan akan dilakukan untuk juara 1 tersebut sebelum mereka berpartisipasi di tingkat provinsi,” kata Arianto. 

Setelah ditetapkan sebagai juara satu. Pembinaan direncanakan akan dilaksanakan pada awal Juni untuk memperbaiki hal-hal yang masih kurang sesuai dengan indikator penilaian, karena meskipun menjadi juara, peningkatan masih diperlukan agar hasilnya menjadi yang terbaik di tingkat Kaltim.

“Pada pertengahan Juni, mereka akan didaftarkan ke tingkat provinsi setelah pengisian kekurangan yang ditemukan saat dilakukan pembinaan,” ujarnya. 

Baca  Bupati Kukar Lantik Kepengurusan PDN, Harap Sinergi Pemuda Dukung Program Pemkab

Lebih lanjut, Arianto mengatakan, pembinaan akan berfokus pada sarana prasarana Posyandu, seperti kondisi dan lokasi gedung yang harus berada di tengah pemukiman dan memenuhi standar yang layak. Selain itu, pelatihan juga telah diberikan kepada kader Posyandu untuk memberikan pemahaman dan melaksanakan kegiatan Posyandu.

Selain itu, koordinasi juga dilakukan terkait data yang diminta oleh dinas kesehatan, seperti data balita, ibu hamil, pemberian vitamin, dan makanan tambahan. Dalam hal ini, pihaknya juga mendampingi pihak desa dalam hal partisipasi dalam pembiayaan dan pembinaan Posyandu. 

Baca  Suasana Hangat di Open House Sekda Sunggono Rayakan Idul Fitri

“Semua hal ini akan diselesaikan dan dikoordinasikan agar ketika disampaikan ke tingkat provinsi sudah lengkap, ” pungkasnya. 

[TRI | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltim kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button