Nasional

Menteri Bahlil Jamin Muhammadiyah Dapat Lokasi Tambang Terbaik

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia (Foto: Dok BKPM)

Editorialkaltim.com – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, menegaskan pemerintah akan mengalokasikan lokasi tambang terbaik kepada Muhammadiyah untuk pengelolaan.

Hal ini diungkapkan Bahlil saat konferensi pers yang digelar di Kementerian Investasi pada Senin (29/7/2024).

Dalam kesempatan itu, Bahlil menjelaskan terdapat enam lahan tambang bekas Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) yang akan dibagi kepada enam organisasi masyarakat (ormas) keagamaan, representasi dari agama-agama yang ada di Indonesia.

Baca  Jokowi Targetkan Berkantor di IKN Juli 2024, Tunggu Air Bersih Tersedia

“Insya Allah, untuk Muhammadiyah akan kami berikan salah satu eks PKP2B yang terbaik, lebih baik dari yang dimiliki KPC,” kata Bahlil.

Sementara itu, Wakil Menteri Investasi, Yulio, menambahkan pihaknya masih meninjau beberapa lokasi sebelum menentukan lahan spesifik yang akan diserahkan kepada Muhammadiyah.

Namun, ia menjamin lokasi yang dipilih nantinya merupakan yang terbaik di antara yang tersedia.

“Kita sedang mencari lokasi terbaik untuk Muhammadiyah, yang ekonomis dari segi kandungan mineralnya dapat mendukung tujuan pemerintah,” terang Yulio.

Baca  Legawa Tak Tembus DPR, Kaesang: Saya Terus Pimpin PSI Sampai Masuk Parlemen 2029

Yulio juga mengungkapkan sebelum pengumuman resmi, pemerintah akan berkoordinasi dengan badan geologi untuk mengidentifikasi lokasi dengan kandungan mineral terbaik. Setelah data terkumpul, barulah Muhammadiyah akan diberi kesempatan untuk memilih lahan yang diinginkan.

“Kami akan menawarkan beberapa pilihan kepada Muhammadiyah, dan mereka dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka, mirip dengan lokasi yang diberikan kepada NU,” tutup Yulio.

Sebelumnya, pada Rapat Konsolidasi Nasional di Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta, Sleman, DI Yogyakarta, yang berlangsung Minggu (28/7/2024) Muhammadiyah secara resmi menyatakan siap mengelola izin pertambangan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Baca  Muhammadiyah Kritik Dugaan Larangan Jilbab Paskibraka, Sebut Bertentangan dengan Pancasila

“Kami siap mengelola izin pertambangan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku,” kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button