Nasional

Hacker PDNS Sebut Keamanan Indonesia Lemah, Ma’ruf Amin Janji Perbaikan

Wakil Presiden Ma’ruf Amin (Foto: Setwapres)

Editorialkaltim.com – Lebih dari satu minggu berlalu, Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendapat serangan dari hacker. Mereka menggunakan varian baru ransomware yang dikenal sebagai Lockbit 3.0. Awalnya meminta uang tebusan, kelompok yang menamakan diri Ransomware Gang Brain Cipher akhirnya secara sukarela menyerahkan kunci dekripsi untuk data yang terpengaruh.

Meskipun telah memberikan kunci, kelompok ini juga mengeluarkan peringatan keras mengenai kerentanan server PDNS, dengan ancaman bahwa serangan serupa mungkin terjadi lagi jika pemerintah tidak segera memperkuat keamanan siber.

Baca  Anggaran Makan Siang Gratis dari Dana BOS, Syaiful Huda: Khawatir Diimplementasikan Serampangan

Wakil Presiden Ma’ruf Amin, ketika ditanya tanggapannya oleh media, mengakui ada kebutuhan mendesak untuk meningkatkan infrastruktur siber.

Dia menekankan pentingnya menambah anggaran dan merekrut tenaga ahli di bidang teknologi informasi (TI).

“Perlu ada peningkatan dan ini adalah komitmen pemerintah untuk secara berkelanjutan mengevaluasi di mana kekurangan dan kesalahan terjadi, termasuk mempertimbangkan masalah pembiayaan yang sesuai dengan kapasitas negara serta penggunaan sumber daya terbaik yang tersedia,” ujar Wapres di sela-sela peresmian Asian Pacific Aquaculture (APA) 2024 di Grand City Hall Convention, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (04/07/2024).

Baca  Antisipasi El Nino, Presiden Jokowi Ungkap Rencana Impor Beras Tahun Depan

Ditambahkan oleh Wapres, memperkuat keamanan server adalah prioritas yang harus segera ditangani oleh pemerintah, tanpa perlu menunggu ancaman lebih lanjut dari para hacker.

“Kita harus memisahkan antara ancaman yang diterima dan apa yang harus dilakukan. Peningkatan keamanan siber adalah sebuah keharusan dan menjadi bagian dari komitmen pemerintah, tanpa dipengaruhi oleh kata-kata atau ancaman dari pihak luar,” tegas Ma’ruf Amin. (ndi)

Baca  Beda dengan Jokowi, Wapres Ma’ruf Amin Tegaskan Netral dalam Pemilu 2024

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button