EditorialRagam

5 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Kalimantan Timur Saat Liburan Akhir Tahun

Akasesoris manik khas suku dayak (wikipedia.org).

Editorialkaltim.com – Libur akhir tahun telah tiba, berbagai cara dapat dilakukan untuk mengisi waktu libur bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Indonesia yang merupakan negara kepulauan, memiliki beragam lokasi wisata yang menarik, baik lokal yang tak jauh dari tempat tinggal atau yang berada di luar pulau.

Kalimantan Timur menjadi salah satu pulau di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang memukau. Tak heran, di wilayah ini terdapat banyak destinasi wisata yang bisa dijadikan pilihan untuk menghabiskan liburan. Tak hanya itu, banyak wisatawan yang tertarik akan oleh-oleh atau buha tangan yang unik khas Kalimantan yang jarang ditemui di wilayah lain.

Berikut 5 oleh-oleh khas Kalimantan Timur yang bisa Anda bawa pulang saat liburan akhir tahun:

1. Aksesoris Khas Suku Dayak

Akasesoris manik khas suku dayak (wikipedia.org).

Jika Anda berkunjung ke Kalimantan Timur, kurang lengkap jika tidak mencari aksesoris khas suku dayak yang hanya da di Kalimantan ini. Anda bisa mendapatkan beragama aksesoris berupa kalung, gelang, ikat kepala, syal, peci, tas, atau gantungan kunci yang terbuat dari manik-manik dengan motif khas Kalimantan. Anda bisa mendapatkannya di pasar-pasar tradisonal yang ada di daerah-daerah di Kalimantan Timur, seperti Samarinda dan Balikpapan.

Baca  Kopka Azmiadi Naik Pangkat Usai Aksinya Gadai Motor Uraikan Macet 15 Jam di Samarinda

2. Mandau

Mandau. (foto: pinterest).

Masih dengan ke-khasan suku Dayak, Mandau bisa masuk dalam list oleh-oleh Anda. Mandau merupakan senjata khas suku Dayak yang sudah ada sejak zaman dahulu. Saat ini, selain sebagai senjata, Mandau kerap dijadikan sebagai seni dekorasi dan koleksi. Hal ini dikarenakan Mandau tak seperti senjata pada umumnya, Mandau memiliki berbagai ornamen ukuran pada sarung mandau yang cukup estetik.

3. Ulap Doyo

Ulap Doyo (foto: indonesiakaya.com).

Ulap Doyo, nama yang asing bukan? JIka iya, maka Ulap Doyo wajib masuk dalam daftar oleh-oleh Anda.

Ulap Doyo merupakan tenun warisan suku Dayak Benuaq yang memiliki ciri khas tersendiri. Ulap Doyo merupakan kerajinan tenun ikat yang terbuat dari serat daun Doyo (Curliglia Latifolia) yang tumbuh liar di pedalaman Kalimantan.

Baca  6 Tokoh Sentral Peristiwa G30S PKI

Kerajinan tenun Ulap Doyo dapat Anda dapatkan dalam bentuk kain, atau topi. Ulap Doyo biasa digunakan masyarakat adat dalam ritual kematian, pernikahan, bahkan pengonatan. Oleh-oleh khas Klaimantan Timur satu ini wajib Anda bawa pulang sebab hanya da di Kalimantan.

4. Mantau

Roti Mantau Balikpapan. (foto: ksmtour).

Setelah berburu souvenir, saat nya anda beralih ke makanan dan camilan khas yang ada di Kalimantan Timur. Oleh-oleh selanjutnya yang bisa Anda bawa pulang adalah mantau. Mantau saat ini perlahan namanya kian meroket dan sering dijadikan buah tangan bagi wisatawan. Mantau atau Roti Sepan ini sebenarnya adalah makanan khas Tionghoa yang telah beradaptasi dan mengalami proses kulturasi sehingga menjadikan makanan ini  khas Balikpapan.

Sekilas, mantau mirip dengan bakpao dan berbentuk seperti donat. Namun, tekstur dan rasa keduanya berbeda. Mantau memiliki tekstur yang lebih padat daripada bakpao.

Selain itu, Mantau memiliki rasa yang lebih manis. Anda akan merasakan cita rasa yang lezat dan gurih ketika mencicipi makanan ini. Selain digoreng, Mantau juga dapat dinikmati dengan cara di kukus. Untuk menambah cita rasanya yang khas, biasanya mantau dinikmati dengan sapi lada hitam.

Baca  Makmur Marbun Sampaikan Akselerasi Percepatan Penyelesaian Revisi RTRW di 5 Provinsi

5. Amplang

Amplang.

Amplang adalah camilan khas Kalimantan Timur yang paling populer. Anda dapat menemukannya diberbagai daerah di Kaklimantan Timur dengan ciri khasnya masing-masing.

Amplang merupakan camilan sejenis kerupuk ikan yang memiliki cita rasa yang renyah dan gurih serta aroma yang khas. Amplang terbuat dari ikan tenggiri yang digiling sampai halus, kemudian dicampur dengan tepung sagu.

Amplang menjadi salah satu olahan ikan yang menjadi kekayaan bahari Pulau Kalimantan. Makanan ini menjadi buruan para wisatawan yang berkunjung karena rasanya yang unik dan sangat berkesan di lidah penikmatnya. Amplang juga bisa dijadikan sebagai makanan pendamping sejenis kerupuk untuk menambah kenikmatan hidangan utama yang Anda santap.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button