NasionalZona Kampus

Segera Finalisasi, Pendaftaran SNBP 2024 Diperpanjang hingga Hari Ini

Ilustrasi pendaftaran SNBP 2024 (Foto: Unsplash)

Editorialkaltim.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi mengumumkan perpanjangan masa pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) hingga 29 Februari 2024 pukul 15.00 WIB. Keputusan ini diambil setelah evaluasi menunjukkan bahwa banyak calon peserta yang berhak mendaftar belum menyelesaikan proses pendaftaran.

“Berdasarkan hasil evaluasi dari jumlah siswa yang eligible, masih banyak siswa yang belum menyelesaikan proses pendaftaran SNBP,” kata Prof. Ganefri, Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024.

Baca  Nadiem Buat Aturan Baru, Pramuka sebagai Ekskul di Sekolah Tidak Wajib Lagi

Prof. Ganefri dalam keterangannya menyebutkan bahwa langkah perpanjangan waktu pendaftaran diambil untuk memberikan kesempatan lebih kepada siswa yang belum menuntaskan proses pendaftaran.

“Ini merupakan bentuk komitmen kami untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada calon mahasiswa berprestasi untuk dapat mengikuti SNBP,” ujar Prof. Ganefri.

Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2024 adalah salah satu jalur utama penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia.

Baca  DBD Meningkat Tajam di 2024: Lebih dari 76 Ribu Kasus dan 540 Kematian

Jalur ini dirancang untuk calon mahasiswa yang memiliki nilai akademik tinggi atau prestasi non-akademik yang relevan. Dengan kuota minimum 20% dari total daya tampung, SNBP menawarkan peluang emas bagi siswa berprestasi untuk memasuki PTN impian mereka.

Untuk memastikan distribusi kesempatan yang adil, SNBP menerapkan sistem kuota berdasarkan akreditasi sekolah.

Sistem ini menetapkan persentase siswa yang dapat diusulkan oleh sekolah berdasarkan akreditasi: 40% untuk sekolah dengan akreditasi A, 25% untuk akreditasi B, dan 5% untuk sekolah dengan akreditasi C atau lainnya. (ndi)

Baca  Hingga Januari 2024, Penerimaan Pajak dari Transaksi Kripto Capai Rp112 Miliar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button