Kukar

Satukan Warga untuk Penguatan, Pemdes Muara Ritan Optimis Wujudkan Desa Maju dan Mandiri

Kepala Desa Muara Ritan, Ardy Maroni (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Optimis menjadi Desa Maju dan Mandiri sesuai visi misi Pemerintah Desa (Pemdes) Muara Ritan, Kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Pemdes Muara Ritan akan menyatukan warganya yang tergabung dari kelompok UMKM dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk mengoptimalkan potensi desa.

Disampaikan Kepala Desa (Kades) Muara Ritan, Ardy Maroni pihaknya akan berfokus terhadap penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) di 2023 ini. Hal ini dimulai dengan pembentukan Pokdarwis dan penjaringan pelaku UMKM. Yang nantinya akan disatukan dan dibina untuk turut berperan mengembangkan potensi asli desa.

Baca  DWP Kukar Gelar Halal Bi Halal, Tingkatkan Silaturahmi dan Kekompakan

“Kami akan bentuk Pokdarwis dan pelaku UMKM menjadi satu kesatuan. Sehingga mereka dapat membantu kembangkan jajanan lokal ataupun potensi wisata di desa kami,” ungkap Ardy tidak lama ini.

Ardy menyebut penyatuan SDM ini nanti akan menjaring potensi-potensi desa. Dan di kemudian hari akan diberi fasilitas-fasilitas pendukung. Dengan menggaet pihak perusahaan hingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. Nantinya akan dibangun fasilitas-fasilitas yang akan bantu menunjang potensi desa.

Baca  Safari Ramadhan Wabup Rendi Solihin di Desa Pela, Pesut Mahakam Menyambut

“Potensi yang ada seperti perkebunan, peternakan dan wisata akan kita kembangkan,”  jelasnya.

Di Muara Ritan sendiri terdapat banyak potensi wisata hingga kuliner yang layak dikembangkan menjadi sebuah objek wisata dan produk kuliner. Ardy menyebut ibu-ibu di Muara Ritan sangat jago membuat jajanan. Tinggal bagaimana Pemdes Muara Ritan memfasilitasinya dengan kemasan, produksi hingga pemasaran.  Sama halnya dengan potensi desa seperti karangan delta di tengah sungai, gunung hingga air terjun.

Baca  Pengurus DWP KKP Ekspresikan Kecintaan pada Warisan Budaya di Museum Mulawarman

Ini juga kita sudah berkomunikasi dengan PT Bayan Group. Mereka siap untuk mensupport kita dan kerjasama-kerjasama selanjutnya untuk merealisasikan apa yang menjadi program Muara Ritan,” tandas Ardy. (tri/nfa/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button