Kukar

Pentingnya Rekam Biometrik E-KTP: Identifikasi Jenazah Tanpa Identitas

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kukar, Iryanto. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kukar, Iryanto, menggarisbawahi pentingnya rekam biometrik E-KTP. Perkataan ini disampaikan di tengah situasi identifikasi jenazah tanpa identitas di Desa Tanah Datar, Kecamatan Muara Badak.

“Rekam biometrik merupakan bukti identitas,” ujar Iryanto.

Kasus ini terjadi pada Senin, 6 Maret 2023, di jalan poros Desa Tanah Datar. Aparat keamanan menemukan jenazah tanpa kartu identitas, sehingga meminta bantuan Disdukcapil Kukar untuk proses identifikasi.

Baca  Lima Desa di Kaltim Masuk 300 Besar Nominasi ADWI 2023, Ini Daftarnya

Iryanto menambahkan, “digunakan dalam proses pelayanan publik.”

Identifikasi dilakukan dengan memanfaatkan data biometrik yang terdapat pada E-KTP. Tim Disdukcapil Kukar melakukan pengecekan sidik jari dan berhasil mengidentifikasi identitas jenazah tersebut.

“Ditemukan adalah warga Kabupaten Jombang, Jawa Timur,” kata Iryanto.

Kasus ini kembali menyoroti pentingnya E-KTP yang terkait dengan data biometrik dalam berbagai proses pelayanan publik, termasuk urusan perbankan, SIM, dan BPJS berbasis NIK.

Baca  Kukar Alokasikan Rp 300 Miliar untuk Sarana dan Prasarana Sekolah

[ LIN | ADV ]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button