Kukar

Peternakan Sapi Jadi Fokus Utama BUMDes Beringin Agung

Kades Beringin Agung, Kusnadi. (Editorial).

Editorialkaltim.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Beringin Agung, Kecamatan Samboja telah berhasil mengembangkan sektor peternakan sapi sebagai salah satu potensi utama yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa). Pengembangan sektor peternakan sapi dapat memberikan berbagai manfaat bagi desa dan masyarakat setempat.

Hal tersebut disebutkan langsung disampaikan oleh Kades Beringin Agung, Kusnadi, adapun yang dikerjakan oleh BUMDes saat ini melakukan penggemukan sapi dengan cara melepasliarkan sapi di area lahan sawit agar aman dari gangguan manusia atau binatang lainnya. 

Baca  Ribuan Peserta Ramaikan HKG PKK ke-51 di Kukar, Berbagai Lomba Dilaksanakan

“Ini merupakan solusi sementara untuk memanfaatkan lahan yang tersedia di sekitar sawit untuk menggemukkan sapi, “ujar Kusnadi, Rabu (24/5/2023). 

Saat ini, sebanyak 39 ekor sapi yang masih dalam proses penggemukan yang dilakukan pada peternak. Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa kelompok peternak sapi di Desa Beringin Agung telah meraih penghargaan dari Gubernur Kaltim sebagai juara pertama untuk pemeliharaan sapi ekstensif yang di lumbar pada 2017.

Baca  Kukar Raih Penghargaan UHC, Jaminan Kesehatan Capai 777.041 Peserta

“Ini menunjukkan keberhasilan dan pengakuan yang diberikan kepada kelompok peternakan sapi kami, ” sebutnya. 

Terakhir, dirinya menyebutkan akan adanya kerjasama dengan perusahaan dalam pengembangan peternakan sapi. Dia menilai kerjasama semacam ini dapat membantu meningkatkan kinerja dan pemasaran produk peternakan.

“BUMDes di daerah kami telah melakukan upaya yang baik dalam mengembangkan sektor peternakan sapi dan juga berpotensi untuk mengembangkan sektor lainnya seperti wisata buatan. Semoga langkah-langkah ini terus berhasil dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, ” tutupnya. (tri/nfa/adv)

Baca  Pemkab Kukar Siapkan Rp358 Miliar Atasi Stunting di 2024

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini laiinya.

Related Articles

Back to top button