Kukar

Pemkab Kutai Kartanegara Berupaya Maksimalkan Persiapan untuk Raih Piala Adipura 2023

Dalam rangka meraih Piala Adipura tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sedang melakukan berbagai upaya persiapan. Salah satu yang dievaluasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bekotok Loa Ipuh. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Dalam rangka meraih Piala Adipura 2023, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sedang melakukan berbagai upaya persiapan. Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar, sebagai organisasi perangkat daerah yang bertanggung jawab dalam hal ini, sedang melakukan inventarisasi kekurangan pada objek penilaian yang perlu segera ditangani.

Salah satu perhatian utama Kepala DLHK Kukar, Alfian Noor, adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bekotok Loa Ipuh. Langkah-langkah untuk memperbaiki sistem kontrol dan menangani akumulasi sampah sedang dilakukan, termasuk penutupan dan pengerukan sampah secara berkala.

Baca  Sediakan 430 Jenis Layanan Publik, MPP Kukar Ramai Dikunjungi Masyarakat 

Alfian juga menekankan pentingnya pemenuhan jembatan timbang di TPA Bekotok yang telah selesai dievaluasi. “Tahun ini, kami akan segera memperbaiki kolam air limbah. Setelah itu, fokus akan dialihkan ke perbaikan-perbaikan kecil di tempat lain,” ungkap Alfian.

Dalam wawancaranya, Alfian mengungkapkan keyakinannya, “Insya Allah, jika semua berjalan dengan baik, Piala Adipura tahun 2023 dapat diraih.” Dia juga memastikan partisipasi semua bidang di DLHK Kukar dalam upaya ini, dengan melakukan evaluasi internal dan mendokumentasikan titik-titik penilaian yang ada.

Baca  Dispora Kukar Gelar Seleksi Atlet PPLPD 2024 untuk Unjuk Bakat dan Potensi Lokal

Terdapat 14 titik penilaian yang meliputi komplek perkantoran, sekretariat DPRD Kukar, Ruang Terbuka Hijau di sepanjang Sungai Mahakam, jalan utama dan protokol, sekolah-sekolah, RSUD AM Parikesit Kukar, perumahan, terminal, pelabuhan, pasar, pertokoan, TPA, saluran drainase, dan bank sampah.

Setelah dokumentasi selesai, laporan akan disampaikan kepada Sekretaris Kabupaten untuk dilakukan rapat bersama dan intervensi bersama dengan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah terkait. Dengan kerja keras dan sinergi seluruh pihak, Pemkab Kutai Kartanegara berharap dapat meraih prestasi yang membanggakan melalui Piala Adipura 2023. (lin/adv)

Baca  Kekompakan Edi-Rendi di Bulan Suci Ramadhan, Silaturahmi tak Pernah Putus dengan Masyarakat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button