Kaltim

Marak Isu Hoaks Penculikan Anak, Ketua KPID Kaltim Ajak Masyarakat Bijak Gunakan Sosial Media

Ketua KPID Kaltim, Irwansyah. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Ketua KPID Kaltim, Irwansyah menghimbau masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh oleh isu hoaks terkait penculikan anak yang marak belakangan ini. Dia menekankan pentingnya menyaring informasi yang diterima dari berbagai sumber, terutama di era digital.

“Harus difilter dulu, dari mana sumbernya, siapa yang membagikan, setidaknya kita tahu informasi tersebut valid atau tidak, jangan sampai termakan hoaks di tengah era digital seperti ini,” tegasnya.

Baca  Ketua DPRD Kaltim Harapkan Dana Pemprov Atasi Masalah Pendidikan

Irwansyah juga menyarankan, agar orang tua harus tetap berhati-hati mengawasi anak, terutama saat bermain, berangkat sekolah, maupun pulang sekolah. Meskipun kabar tersebut terbukti sebagai hoaks, kewaspadaan tetap harus dijaga.

“Harus tetap waspada. Meskipun ini kabar hoaks, setidaknya pengawasan orang tua ke anak baik saat bermain, berangkat sekolah maupun pulang sekolah tetap harus di maksimalkan,” ujarnya.

Baca  Sistem Pelaporan Mandiri Perkebunan Kaltim dengan SIPERIBUN Diperkenalkan

Selain itu, dia juga menyoroti masalah penyebaran hoaks yang sangat masif di masyarakat. Dia berharap, masyarakat dapat bijak dan cerdas dalam menggunakan media sosial, sehingga tidak mudah terpancing dengan isu hoaks yang beredar.

“Ke depan lebih bagus diadakan sosialisasi terkait pemfilteran informasi ditengah masyarakat, apalagi penyeberan hoaks ini sangat masif, di angka 70-80 persen,” pungkasnya. 

Baca  Pemprov Kaltim dan Pemkot Bontang Kolaborasi untuk Rehabilitasi Habitat Buaya Riska

[HMS | NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button