Kukar

Kembangkan Potensi Wisata, Dua Desa di Muara Kaman Kerjasama Bentuk Pokdarwis

Ketua Pokdarwis Demong Sora, Desa Cipari Makmur dan Panca Jaya, Masdar. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Guna meningkatkan dan mengembangkan potensi desa, dua desa di Kecamatan Muara Kaman, yaitu Desa Panca Jaya dan Cipari Makmur menjalin kerjasama untuk mengembangkan taman wisata.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Ketua Pokdarwis Demong Sora, Masdar mengungkapkan, rencana pembangunan taman wisata meliputi air terjun, puncak, pemancingan dan kolam renang hingga pelestarian hutan Muara Kaman.

Pemandangan diatas puncak atau sering disebut Gunung Malang itu, dapat melihat kelap-kelip lampu jembatan Kutai Kartanegara di Kecamatan Tenggarong. Serta menikmati keindahan lampu-lampu rumah warga dua Kecamatan yakni Muara Kaman dan Sebulu.

Baca  Edi Serahkan Piala Bergilir Bupati Cup Push Bike Idaman Kota Raja

Sejauh ini, masih dalam proses pembuatan jalan menuju obyek air terjun dan puncak. Hanya saja belum berjalan maksimal.

“Sementara ini kita buatkan jalan, karena masih hujan jadi belum bisa dikelola secara maksimal,” kata Masdar, Selasa (16/5/2023).

Hanya saja, sejumlah fasilitas penunjang belum tersedia lantaran masih dalam perencanaan pembangunan. Pokdarwis telah mengajukan bantuan pengembangan wisata melalui anggaran dana desa hingga perusahaan. Dari pihak perusahaan mendapat respon yang positif, akan membantu pengembangan potensi wisata. Salah satunya akses jalan.

Baca  Mendagri Tito Apresiasi Kemajuan Daerah, Bupati Edi Hadiri Hari Otonomi 

“Sudah ada persetujuan dari perusahaan dan sudah ditinjau. Apabila cuaca agak panas, jalan akan diperbaiki kembali,” terangnya.

Ditambahkan Masdar, Pokdarwis akan melestarikan hutan perbatasan antara Muara Kaman dan Sebulu. Pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim, melalui UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Santan. Selain itu, Pokdarwis secara swadaya membangun wahana pemancingan hingga kolam renang.

Baca  Desa Cantik: Inisiatif BPS Kukar Optimalisasi Data Statistik Tingkat Desa

“Kami secara swadaya membangun pemancingan dan kolam renang khusus anak kecil, usia SD sampai SMP,” tutupnya.

[TRI | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltim kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button