Samarinda

Joni Sinatra Ginting: Golput Itu Pilihan, Tidak Perlu Dipersoalkan

Anggota I Komisi DPRD Kota Samarinda, Joni Sinatra Ginting.

Editorialkaltim.com – Tingkat partisipasi pemilih di Kota Samarinda masih terbilang rendah, hanya mencapai 52,26 persen. Hal ini disebabkan banyaknya masyarakat yang masih acuh tak acuh dalam setiap penyelenggaraan pemilu. Sehingga memilih untuk tidak menggunakan hak suaranya alias golongan putih (golput). 

Namun memilih golput tidak menjadi persoalan bagi Anggota I Komisi DPRD Kota Samarinda, Joni Sinatra Ginting. Menurutnya, keputusan tidak menggunakan hak suara itu pilihan masyarakat. 

Baca  Refleksi Nilai Pancasila dalam Peringatan Hari Lahirnya Menurut Abdul Khairin

“Itu haknya masyarakat untuk tidak menyalurkan suaranya, jadi tak perlu dipermasalahkan,” ujar Joni. 

Namun Politikus Partai Demokrat ini mengakui, masyarakat yang menjadi golput setidaknya harus mencari tahu terlebih dahulu latar belakang dari para kontestan pemilu. Sehingga masyarakat bisa menilai niat dari masing-masing kontestan. 

“Kalau memang masyarakat sudah mencari tahu dan dianggap tidak ada yang memenuhi syarat, itu kembali dari pilihan masing-masing,” terangnya. 

Baca  Pererat Silaturahmi, DPRD Samarinda Gelar Halalbihalal

Dia pun berharap KPU Kota Samarinda bisa rutin memberikan sosialisasi kepada masyarakat, agar mereka proaktif dalam melihat visi misi setiap kontestan pemilu. Joni tidak ingin masyarakat hanya apatis tanpa mencari tahu latar belakang dari para politikus. 

“Termasuk saya sebagai politikus juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, setelah itu silahkan masyarakat yang menentukan pilihan,” tutup Joni.

Baca  Fuad Himbau Masyarakat Samarinda Sambut Positif Rencana Kenaikan PPN 12% di 2025

[QON | LIN | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button