IKNNasional

IKN Bakal Uji Coba Kereta Tanpa Rel dan Taksi Terbang di Juli 2024

Ilustrasi taksi teebang (Foto: Reuters)

Editorialkaltim.com – Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengumumkan rencana pelaksanaan uji coba kereta tanpa rel, dikenal sebagai autonomous rail transit (ART), dan taksi terbang atau advanced air mobility pada Juli 2024.

Pengumuman ini disampaikan oleh Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN, Mohammed Ali Berawi, dalam kunjungan ke Port of Long Beach, Amerika Serikat, dalam rangka Smart City Reverse Trade Mission (RTM) yang diadakan pada Rabu (1/5/2024).

Baca  Utang Pemerintah Naik Lagi, Nilainya Rp8.253 T hingga Januari 2024

Berawi menjelaskan IKN berencana menerapkan sistem transportasi cerdas atau intelligent transportation system (ITS) untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam mobilitas.

“Pengembangan IKN saat ini membuka kesempatan besar dalam adopsi teknologi ITS serta moda transportasi yang inovatif, termasuk kendaraan otonom dan taksi terbang,” jelas Ali dilansir cnnindonesia.com pada Senin (6/5/2024).

Selama kunjungan di Amerika tersebut, delegasi OIKN juga berdiskusi dengan pihak Port of Long Beach, City of Long Beach, Xtelligent, dan TIG/m terkait pengembangan pelabuhan hijau dan sistem transportasi cerdas kota.

Baca  Intip Harta Kekayaan Menteri ATR/BPN AHY yang Baru Dilantik

Joel Perler, Economic Development Manager dari Port of Long Beach, menekankan bahwa kemajuan teknologi dan kerja sama strategis menjadi bagian penting dalam strategi mereka untuk mengembangkan pelabuhan yang berkelanjutan.

“Kami menerapkan teknologi canggih, seperti terminal yang beroperasi secara otonom, untuk mendukung visi pembangunan berkelanjutan kota dan mencapai target emisi karbon mendekati nol pada tahun 2040,” kata Joel.

Baca  Sidang Sengketa Pilpres 2024 Selesai, MK Umumkan Putusan Usai Lebaran

Untuk lebih lanjut, OIKN mengundang Xtelligent dan TIG/m untuk melakukan uji coba konsep pada sektor transportasi cerdas di IKN. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button