Samarinda

Evaluasi Anggaran 2022, DPRD Samarinda: Peningkatan Drainase Fly Over Juanda Belum Terealisasi

Suasana rapat antara jajaran Komisi III DPRD Sasmarinda dengan Dinas PUPR Samarinda. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Komisi III Dewan Permusyawaratan Rakyat Daerah (DPRD) Samarinda menggelar rapat evaluasi realisasi anggaran 2022 bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DUPR) Kota Tepian, di Gedung DPRD pada Senin (16/1/2023).

Ketua Komisi III DPRD Samarinda, Angkasa Jaya Djoerani menyebutkan, rapat ini merupakan agenda rutin setiap tahun untuk mengevaluasi seluruh kegiatan dinas yang bermitra dengan Komisi III.

Dalam rapat tersbut, Komisi III DPRD Samarinda menyoroti realisasi anggaran peningkatan drainase di sepanjang fly over Juanda.

Baca  Wakil Ketua DPRD Samarinda Dukung Peningkatan Anggaran Ketahanan Pangan

Dia mengaku, pihaknya telah mengusulkan adanya pembangunan drainase senilai Rp20 Miliar, sebab ditemui adanya penyempitan drainase di bawah fly over Juanda yang menyebabkan air lambat mengalir saat hujan. Terlebih saat memasuki musim hujan dengan volume tinggi. Namun, hingga saat ini pembangunan tersebut belum direalisasikan oleh DUPR.

“Jembatan itu sampai rentak, karena aliran sungai dibawah jembatan tersumbat, tidak berfungsi dan menyempit. Begitu hujan pasti tergenang dan bisa banjir,” ungkap Angkasa.

Baca  Dewan Samarinda Dukung Pemkot Tutup Gerai Penukaran Uang dan Zakat di Atas Trotoar

Dia mengatakan, DUPR mengaku, sampai saat ini belum dapat merealisasikan peningkatan drainase tersebut karena kesulitan soal usulan pembangunan itu.

“Iya, sekitar Rp20 miliar, rencana akan dibangun dari titik awal simpang Jalan Juanda (bawah flyover) hingga ke seberang Untag. Namun hingga saat ini, belum bisa di realisasi oleh Pemkot. Kami juga masih berkomunikasi dengan DPRD Kaltim untuk ikut memperhatikan pembangunan ini. Karena usulan anggaran itu juga masuk melalui bantuan keuangan (bankeu) di APBD Provinsi, ” terangnya.

Baca  Anggota Fraksi Gerindra Apresiasi Langkah Proaktif Pemkot Samarinda dalam Pemberdayaan Masyarakat

Kendati demikian, Politikus PDIP itu menyebutkan, pihaknya akan terus mendorong Pemkot untuk melakukan kegiatan pembangunan infrastruktur mengendalikan persoalan banjir di Samarinda.

“Soal banjir masih prioritas, kalau mau mengatasi banjir pasti rencana kegiatan harus berkelanjutan dari tahun ke tahun,” pungkasnya.

[NFA-2]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button