Penajam Paser Utara

DPRD PPU Minta Kemenhub RI Perhatikan Pengembangan Pelabuhan Benuo Taka

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Penajam Paser Utara (PPU), Syahrudin M Noor (Istimewa)

Editorialkaltim.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Penajam Paser Utara (PPU), Syahrudin, mengajukan permohonan kepada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) untuk memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan Pelabuhan Benuo Taka, yang terletak di Kelurahan Buluminung, Kabupaten PPU. 

Menurut Syahrudin, revitalisasi pelabuhan tersebut sangat diperlukan karena saat ini pelabuhan tersebut belum mengalami pertumbuhan yang memadai, padahal terdapat potensi pendapatan yang besar dari sektor kepelabuhanan.

Baca  Ketua DPRD PPU Minta Persiapan Pemekaran Desa dan Kelurahan Dipercepat Sebelum IKN Beroperasi

Syahrudin menjelaskan, “Dianggap kurang karena tempat bertambatnya itu juga posisinya kecil, sehingga perlu revitalisasi dan penambahan untuk bertambat. Kami sangat berharap kepada Pak Menteri Perhubungan untuk melanjutkan.”

Pengembangan pelabuhan Benuo Taka di Kelurahan Buluminung membutuhkan anggaran yang cukup besar. Oleh karena itu, anggaran sekitar Rp 28 miliar yang diwacanakan oleh Kementerian Perhubungan untuk tahun 2023 sangat penting dalam mewujudkan pengembangan tersebut.

Baca  PJ Bupati Penajam Paser Utara Hadiri Rakor Koordinasi Pejabat di Kemendagri

“Pelabuhan Benuo Taka inilah yang harus kita kembangkan karena kewenangannya masih di Kementerian Perhubungan, khususnya di Dirjen Hubla. Jadi, kalau memungkinkan, kami berharap ada suntikan dana pada tahun 2024, karena kami sudah mendengar tentang anggaran sekitar 28 miliar yang akan dialokasikan. 

Namun, saat ini kami sedang melakukan pengecekan di bagian keuangan,” tambahnya. Dengan demikian, upaya untuk mengembangkan Pelabuhan Benuo Taka diharapkan dapat segera terealisasi (lin/adv)

Baca  Daftar Lengkap UMK Kabupaten/Kota di Kaltim 2024, Berau Tertinggi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button