Kukar

Disdikbud Kukar Tingkatkan Kapasitas Tutor Melalui Bimbingan Teknis Kurikulum Merdeka

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Kartanegara melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) untuk 100 Tutor/Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C, Jumat (2/6/2023).

Editorialkaltim.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Kartanegara melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) untuk 100 Tutor/Pendidik Kesetaraan Paket A, B, dan C, Jumat (2/6/2023).

“Bimtek ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas para pendidik non formal dalam menghadapi perubahan sistem pendidikan nasional,” kata Ida Wahyu Sayekti, Ketua Panitia dan Kasi Kurikulum dan Pengembangan Mutu PAUD dan PNFI.

Acara ini berfokus pada Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Merdeka dan diadakan di Grand Fatma Hotel, Tenggarong. Peserta bimtek berasal dari lembaga SKB dan PKBM di Kukar dan dibuka oleh Kepala Bidang PAUD dan PNFI, Pujianto.

Baca  Desa Jembayan Tengah Siap Laksanakan Festival Kampung Seraung Juni Mendatang 

“Para tutor dan pendidik ini memegang peran penting dalam keberhasilan implementasi pendidikan kesetaraan di Kutai Kartanegara,” ujar Pujianto.

Bimtek ini termasuk peningkatan pemahaman tentang implementasi Kurikulum Merdeka dan pemanfaatan platform Merdeka Mengajar. Narasumber utama adalah Fauzi Eko Pranyono, M.Pd dari DPP FTPKN.

“Pemahaman tentang implementasi kurikulum merdeka dan pemanfaatan platform Merdeka Mengajar sangat penting untuk para pendidik ini,” kata Pranyono.

Baca  Pulau Kumala Bersolek, Rendi Solihin Optimis Waterboom Selesai Akhir 2023

Materi yang dibahas mencakup implementasi Kurikulum Merdeka, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan panduan pembelajaran dan asesmen tatap muka, mandiri dan tutorial, serta analisis Capaian Pembelajaran dan merumuskan Tujuan Pembelajaran.

Acara ini berlanjut dengan diskusi tentang kebijakan pendidikan kesetaraan paket A, B, dan C oleh Kabid PAUD dan PNFI, serta presentasi oleh Agus Suparmanto tentang Praktek Terbaik dalam Pengelolaan Pendidikan Kesetaraan. (lin/adv)

Baca  Sosialisasi e-Walidata, Komitmen Pemkab Kukar Wujudkan Satu Data Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button