Samarinda

Dewan Minta Pemkot Serius Tangani Fasilitas Pendidikan di Samarinda

Anggota DPRD Samarinda, Nursobah. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dipandang perlu memberikan perhatian khusus terkait fasilitas pendidikan di Kota Tepian. Hal ini untuk mengatasi berbagai permasalahan klasik, seperti karakter guru, kurikulum, hingga sarana dan prasarana.

Krtitikan ini datang dari Anggota Fraksi PKS DPRD Samarinda, Nursobah. Dia menilai, Pemkot harus memiliki kebijakan yang berani dan rencana yang matang dalam menentukan masa depan pendidikan di Kota Tepian.

“Terutama sarana yang harus menjadi perhatian adalah peralatan teknologi, seperti komputer maupun jaringan internet dan perangkat teknologi lainnya. Ini sudah harus bisa dirasakan di semua jenjang pendidikan” sebutnya.

Baca  Hari Santri, Ketua DPRD Sugiyono Sampaikan Pesan Ukhuwah Islamiyah

Menurutnya, pendidikan di Samarinda saat ini harus cepat menyesuaikan perkembangan zaman yang serba digital. Jika tidak, akan susah menyesuaikan diri dengan perkembangan tekonologi dan informasi yang ada.

Diketahui,  Samarinda menjadi kota dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi di Kalimantan Timur (Kaltim). Namun, Nursobah mengatakan, Pemkot tetap perlu melakukan terobosan dan pembenahan dalam pembangunan semua lini kebutuhan infrastruktur sekolah.

Baca  Dewan Samarinda Soroti Krisis Lahan Tempat Pemakaman Umum

“Apalagi dalam hasil evaluasi Smart city Samarinda sudah nyaris menjadi kota level madya yang baik dan maju dengan standar kuesioner SNI 37122,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Nursobah, Pemkot juga perlu mengoptimalkan program beasiswa. Selama ini, beasiswa yang dirasakan oleh pelajar di Kaltim masih bersumber dari Kementrian dan Pemprov. Dia menilai, program pendidikan lewat beasiswa ini akan berdampak pada perkembangan sumber daya manusia (SDM).

Baca  Sri Puji Astuti: Pemkot Samarinda Perlu Proaktif Mengidentifikasi Faktor-Faktor Penyebab Stunting

“Sebagai kota dengan visi berani berubah dan Kota Pusat peradaban. Maka pembenahan SDM adalah hal utama yang patut diprioritaskan, salah satunya lewat beasiswa. Misal, untuk siswa yang ingin masuk di sekolah swasta yang biaya nya cukup tinggi” ujar Nursobah.

[NFA-2]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button