Kukar

Desa Kersik Melakukan Transformasi Digital, Tingkatkan Pelayanan Publik

Desa Kersik, yang berada di Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, telah meluncurkan pelayanan publik digital melalui website. (istimewa).

Editorialkaltim.com – Desa Kersik, yang berada di Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, telah meluncurkan pelayanan publik digital melalui website. Transformasi ini dimulai sejak tahun 2022, sebagai upaya meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kepada warga desa.

“Alhamdulillah, dengan transformasi digital ini memudahkan pelayanan dan mempercepat penyebaran informasi kepada masyarakat,” kata Kepala Desa Kersik, Jumadi.

Baca  Tertinggi dalam Sejarah, Penerima Pajak KPP Tenggarong Capai Rp5,28 Triliun

Website yang dikembangkan, telah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemKominfo) RI. Transformasi ini didukung oleh Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) yang bertugas sebagai penggerak dan koordinator dalam proses digitalisasi desa.

Menurut Jumadi, tanggapan positif telah diterima dari masyarakat desa terkait kemudahan pelayanan ini. Meskipun beberapa warga masih belum memahami cara penggunaan website, pelayanan manual masih tersedia untuk mereka.

Baca  Diskominfo Kukar Lakukan Penilaian Pengelolaan Layanan Informasi dan Dokumentasi

“Jadi semua tingkatan masyarakat bisa terlayani,” tuturnya.

Jumadi menambahkan, berbagai fitur baru akan segera ditambahkan ke dalam website, termasuk pasar digital dan kontrol keamanan wisata untuk Pantai Biru Kersik. Pemerintah Desa Kersik berencana untuk melaksanakan pengembangan ini secara bertahap, dengan fokus terlebih dahulu pada peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) warga Desa Kersik. (lin/adv)

Related Articles

Back to top button