Kukar

Dampak Festival Teras Budaya Dusun Putaq Hasilkan Puluhan Juta Rupiah 

Penampilan tarian daerah di Festival Teras Basah Dusun Putak. (istimewa).

Editorialkaltim.com –  Selama berlangsung Festival Teras Budaya Dusun Putak, di Desa Loa Duri Ilir, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Pihaknya mengaku perputaran uang mencapai puluhan juta rupiah. Sehingga dapat berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar. 

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Desa (Kades) Loa Duri Ilir, Fahri, mengatakan, Festival Teras Budaya tersebut sudah dilaksanakan di tahun ini ( Maret lalu) berlangsung selama tujuh hari. 

Baca  Gelar Sosper, Laila Dorong Partisipasi UMKM 

“Festival itu berhasil menarik 1000 wisatawan, dan festival ini telah masuk 100 besar nasional, “sebutnya, Kamis (4/5/2023). 

Fahri menjelaskan, kegiatan Festival Teras Budaya berisikan seperti pesta panen padi ketan, event gasing tradisional, hingga lomba sumpit. “Jadi pesta panen itu kita lakukan penanaman dengan mengadakan upacara adat yang bernama Tunjung Benua dengan dirangkai beberapa tarian adat dan UMKM, ” sebutnya. 

Baca  Pemkab Kukar Luncurkan Festival Kampoeng Seraong III, Apresiasi Sinergi Komunitas Lokal

“Selama festival itu berlangsung kami memprediksi perputaran uang mencapai puluhan juta rupiah, ” ujarnya. 

Fahri berharap agar festival ini bisa terus berkembang dan tidak hanya satu event saja. Ia menginginkan bermacam event kegiatan yang nantinya dapat dilaksanakan. Misalnya seperti upacara adat yang belum pernah sama sekali diangkat. 

 “Seperti prosesi perkawinan adat istiadat dan prosesi pembukaan lahan, itu belum sama sekali diangkat sebagai festival padahal itu ada tata cara adatnya, nantinya itu akan kita coba garap juga, ” pungkasnya. (tri/nfa/adv)

Baca  Jalan di Desa Muara Muntai Ilir Akan Disemenisasi Tahun Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button