Kukar

Tekan Pengangguran, Dispora Kukar Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi bagi Janda

Kabid Kewirausahaan, Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora Kukar, Dery Wardhan. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara (Kukar) akan gelar pelatihan peningkatan kompetensi bagi janda-janda muda daerah. Pelatihan ini merupakan arahan Bupati Kukar, Edi Damansyah kepada jajarannya, yang bertujuan untuk tekan angka pengangguran dan kemiskinan dengan melibatkan para janda yang dapat membantu Pemkab Kukar menekan kemiskinan daerah.

Kabid Kewirausahaan, Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora Kukar, Dery Wardhana mengatakan rencana ini sesuai dengan arahan Bupati untuk membantu para janda yang kurang beruntung dalam membangun rumah tangga dengan pelatihan dan pembinaan. Sehingga dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari keterampilan kerja.

Baca  Bupati Kutai Kartanegara Melakukan Sidak Pada Hari Kerja Pertama Pasca Lebaran

“Kami ingin membantu penguatan ekonomi mereka yang belum beruntung dalam membangun rumah tangga. Dengan melakukan pelatihan dan pembinaan keterampilan kerja,” ucap Dery beberapa saat yang lalu.

Pelatihan ini akan ditujukan untuk janda yang berusia 16 hingga 30 tahun. Saat ini Dispora Kukar sedang melakukan pendataan. Pelatihan yang diberikan sendiri akan berupa pelajaran menjahit, tata boga, makeup dan lainnya yang berpotensi membantu perekonomian.

Baca  Ribuan LPJU Bakal Dipasang, Rendi Solihin Sebut Progres Capai 85 Persen

Program ini dipastikan Dery akan terealisasi dalam waktu dekat. Tetapi untuk pelaksanaan awalnya akan difokuskan ke kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang dan Loa Kulu. Jika data telah memenuhi, dirinya pastikan pelatihan bagi janda akan dilaksanakan langsung.

“Kami harapkan program ini dapat membantu kembali meningkatkan rasa percaya diri mereka yang kurang beruntung dalam rumah tangga. Serta keterampilan yang diberikan diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup mereka,” tutup Dery. (tri/nfa/adv)

Baca  Bupati Kukar Resmi Melepas Peserta Lomba Lari Kota Raja Run II 2023

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button