EditorialSamarinda

Bapemperda Samarinda Terima Kunjungan Mahasiswa UWGM, Diskusi Terkait Legal Drafting

Wakil Ketua Bapemperda DPRD Samarinda, Laila Fatihah (berdiri) saat memberikan materi ke mahasiswa Fakultas Hukum UWGM Samarinda. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Samarinda menerima mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Widyagama Mahakam Samarinda dalam rangka Kuliah Praktek Lapangan (KPL) dengan tema legal drafting dan berlangsung di Ruang Rapat Utama, Gedung DPRD Samarinda, Jalan Basuki Rahmat, Rabu (04/01/2023).

Acara tersebut dipimpin langsung Wakil Ketua Bapemperda DPRD Samarinda, Laila Fatihah sekaligus sebagai pemateri.

Baca  Sani Dukung Rencana Revitalisasi Rumah Sakit Islam Samarinda

Turut hadir Anggota Bapemperda DPRD Samarinda, Anhar, Angkasa Jaya Djoerani dan Damayanti.

Pembahasan dalam acara tersebut terkait materi legal drafting sekaligus tahapan penyusunan Rancangan Peraturan Daerah di Samarida dan Implementasinya.

Laila menjelaskan, legal drafting merupakan bentuk perancangan naskah hukum atau draf pembentukan suatu produk hukum yang akan dibahas oleh semua unsur yang terlibat.

Baca  Dewan Samarinda Optimis Selesaikan Kasus Hak Karywan RSHD
Anggota Bapemperda Samarinda menerima mahasiswa Universitas Widyagawa Mahakam (UMKM) Samarinda. (Istimewa).

“Salah satu tugas pokok DPRD adalah legislasi yaitu membuat perturan-peraturan, kalau di DPRD biasanya membuat perturan daerah (Perda) yang dibahas bersama pemerintah daerah,” terangnya.

Perencangan atau konsep legal drafting juga berasal dari dunia akademis sebagai bentuk uji akademik dalam sebuah aturan yang dibahas.

Laila menyebutkan, acara tersebut sebagai penambah wawasan mahasiswa dan mahasiswi UWGM di Fakultas hukum terkait legal drafting.

“Mudah-mudahan pertemuan ini dapat bermanfaat terkait diskusi dan penjelasan dari Bapemperda DPRD Samarinda kepada adik-adik mahasiswa,” ujarnya.

Baca  FIFA Tunjuk Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

[NFA-2]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button