Balikpapan
Trending

Balikpapan Masuk Daftar 10 Kota Paling Cakap Berbahasa Inggris di Indonesia

Balikpapan, Kalimantan Timur. (kaltimprov.go.id).

Editorialkaltim.com – Lembaga pembelajaran bahasa Inggris EF (English First) merilis skor Indeks Kecakapan Bahasa Inggris atau English Proficiency Index (EPI) 2022 di negara-negara dunia.

English Prefency Index (EPI) merupakan sebuah tolok ukur yang diciptakan EF guna mengetahui kecakapan masyarakat di seluruh dunia dalam penggunaan bahasa Inggris.

Dalam EF EPI 2022 Report itu, Indonesia menjadi salah satu negara yang masuk dalam daftar tersebut. Indonesia mendapatkan skor 469, menempatkannya di urutan ke- 81 sedunia.

Baca  Jelang HUT Balikpapan ke-126, Pemkot Lakukan Penjaringan Warga Pelopor dan Berprestasi

Meski skor secara nasional tergolong rendah, ada beberapa kota di Indonesia yang meraih skor lebih tinggi dari skor nasional. Bahkan, ada yang masuk kategori menengah dalam indeks EPI dari EF.

EF EPI 2022. (sumber: www.ef.com/epi).

Urutan pertama ditempati oleh Surabaya. Kota pahlawan ini memiliki EPI dengan skor sebesar 546, menjadikannya kota dengan nilai indeks EPI tertinggi di Indonesia. Selanjutnya di urutan kedua ditempati oleh Jakarta, dengan skor indeks EPI senilai 523.

Baca  10 Kampus Terbaik di Kaltim Versi Webometrics, Mayoritas Ada di Samarinda

Berikutnya adalah Kota Beriman, Balikpapan dengan skor EPI sebesar 514, menempatkannya di urutan ketiga. Lalu, disusul dengan Bandung dan Yogyakarta yang menempati urutan ke empat dan kelima.

Selain itu, secara geografis Kalimantan menempati posisi ke dua setelah Jawa dengan skor EPI sebesar 473.

Dalam rilisnya, EF menerangkan, skor yang dikeluarkan bertujuan unutk memberikan fakta dan angka yang menggambarkan kondisi lokal dan tantangan bahasa Inggris. Dalam proses penyusunan laporan indeks ini, EF berdasarkan terhadap data kemampuan bahasa Inggris melalui rangkaian EF Standard English Test (EF SET) yang dilakukan oleh lebih dari 2,1 juta orang yang berasal dari 111 negara.

Baca  Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten/Kota di Kaltim 2023, Semua Masuk Kategori Tinggi

[NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltim kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button