Samarinda

Bahas APBD, FKIP UNMUL Kunjungi DPRD Samarinda

DPRD Samarinda saat menerima kunjungan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unmul Samarinda.

Editorialkaltim.comDPRD Samarinda menerima kunjungan mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda.

Kedatangan mahasiswa tersebut disambut langsung oleh Ketua DPRD Samarinda, Sugiyono dan turut didampingi oleh Anggota Komisi I Nursobah dan Joni Sinatra Ginting, serta Anggota Komisi II Abdul Rofik di Ruang Rapat Gabungan Lantai II, Gedung DPRD Samarinda, Selasa (23/5/2023).

Ketua DPRD Samarinda, Sugiyono mengatakan kunjungan tersebut bertujuan agar mahasiswa mendapat informasi serta berdiskusi tentang pengelolaan APBD dan kebijakan ekonomi publik di Kota Samarinda.

Baca  Sekolah di Samarinda Antusias Terapkan Kurikulum Merdeka

“Barangkali agar mereka dapat mengetahui tentang anggaran Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda itu seperti apa,” kata Sugiyono.

Menurutnya, secara umum ilmu ekonomi publik ini mampu memperkenalkan terkait fungsi pemerintah dalam hal perekonomian. 

Seperti mulai dari pajak, anggaran pemerintah, dan retribusi. Ilmu ekonomi publik ini biasanya akan didominasi oleh para pejabat pemerintah dan juga pengamat ekonomi.

“Saya kira yang sudah saya uraikan tadi masalah dari prosesnya bagaimana itu sudah ada. Karena APBD itu yang membahas bukan hanya dari legislatif saja,”  ungkapnya.

Baca  DPRD Samarinda Soroti Lambatnya Progres Pembangunan Infrastruktur

Dia menjelaskan, mengenai fungsi DPRD Samarinda yang nantinya akan digunakan dalam penyusunan APBD yang salah satunya melalui proses serap aspirasi (reses) bersama masyarakat.

Sugiyono menyampaikan agenda reses nantinya juga dapat diikuti oleh mahasiswa untuk memberikan aspirasinya kepada DPRD Samarinda dalam wadah tersebut.

“Kita mengadakan reses yang mana di dalam 1 tahun itu anggota DPRD turun reses sebanyak 3 kali. Di dalam 4 bulan sekali itu turun. Anggota DPRD menyerap aspirasi dari masyarakat,” terangnya

Baca  Waduh, Kendaraan Dinas Banyak “Diendapkan”, Dewan Samarinda Minta Pemkot Turun Tangan

Politisi PDIP ini berharap kunjungan ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa, sehingga mereka mampu mengimplementasikan ilmunya pada masyarakat banyak.

“Supaya setelah lulus, paling tidak mereka  mengetahui anggaran di Samarinda itu bagaimana. Ini untuk bekal setelah lulus atau mungkin sebelum lulus,” tutupnya.

[QON | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltim kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button