Samarinda

Pemkot Samarinda Diminta Dorong Ekonomi Kreatif untuk Maksimalkan PAD

Pemkot Samarinda Diminta Dorong Ekonomi Kreatif untuk Maksimalkan PAD (Istimewa)

Editorialkaltim.com – Kota Samarinda kini dilihat memiliki potensi besar dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor Ekonomi Kreatif (Ekraf). Ketua Komisi III DPRD Samarinda, Angkasa Jaya Djoerani, meminta Pemerintah Kota Samarinda untuk lebih serius dalam mengembangkan potensi Ekraf, terutama jelang perpindahan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Samarinda memiliki warisan budaya berupa Sarung Tenun yang sudah mendunia. Sudah seharusnya sektor ini mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah,” kata Angkasa.

Baca  Kunjungan DPRD Barru ke Samarinda, Dorong Kerjasama Berkelanjutan

Djoerani juga mengungkapkan kekecewaannya saat mengetahui bahwa produk khas Samarinda, yaitu sarung, malah diproduksi di pabrik Tasikmalaya. Menurutnya, ini adalah bentuk ketidakefisienan serta kurangnya dukungan terhadap pengrajin lokal.

“Penting untuk menerapkan industrialisasi pada produk khas kita. Samarinda perlu mengundang ahli teknologi dan mengembangkan industri di kampung sendiri,” saran Djoerani.

Selain itu, Djoerani menyoroti perbedaan harga produk buatan Samarinda yang dijual dengan harga lebih tinggi ketimbang produk sejenis dari Tasikmalaya. Ia menyarankan agar Samarinda mulai memanfaatkan teknologi modern agar produksi lebih efisien dan harga jual lebih kompetitif.

Baca  Cek Sekarang! Hasil Seleksi Beasiswa Kaltim Tuntas Siswa 2024 Sudah Bisa Diakses

“Kita perlu menghadirkan produk dengan harga terjangkau tanpa mengurangi kualitas. Teknologi modern dapat membantu kita mencapai efisiensi produksi yang diinginkan,” pungkasnya. (lin/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button