Penajam Paser Utara

Distan PPU Gali Ilmu Pertanian Organik di Sleman

Distan PPU studi tiru terap pertanian padi organik di Kabupaten Sleman

Editorialkaltim.com – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengadakan studi tiru terap terkait dengan pengembangan pertanian padi organik yang berlangsung di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, pada Kamis (24/10/2024). Kegiatan ini diikuti oleh Sekretaris Distan PPU, Supardi, bersama lima Penyuluh Pertanian Langsung (PPL) dan 25 petani dari PPU, dengan pendampingan dari anggota DPRD PPU, Sujiati.

Lokasi studi dipilih di Kelompok Tani Mekar di Kelurahan Ngalian, Kecamatan Ngemplak, Sleman, yang telah dikenal akan keberhasilannya dalam mengembangkan pertanian padi organik. “Kelompok tani ini telah sukses menciptakan produk beras organik bersertifikat dan mempraktikkan pengelolaan budidaya yang berkelanjutan,” kata Supardi.

Baca  Syarifuddin Yakin Pembangunan Jembatan Gersik-Buluminung Pacu Perekonomian PPU

Studi tiru ini bertujuan untuk mendukung peningkatan produktivitas lahan pertanian di PPU melalui implementasi praktik-praktik terbaik dalam pertanian organik yang telah berhasil di Sleman. “Kami ingin mengadopsi model yang berhasil di Sleman untuk diterapkan di PPU, khususnya dalam meningkatkan kesuburan tanah dan hilirisasi produksi pertanian,” ujar Supardi.

Kelompok Tani Mekar di Sleman menunjukkan bagaimana penerapan metode pertanian organik dapat berdampak positif pada peningkatan kualitas hasil pertanian dan keberlanjutan lingkungan. Salah satu aspek yang diunggulkan dari kelompok ini adalah pemanfaatan kotoran hewan menjadi pupuk organik, yang tidak hanya memenuhi kebutuhan kelompok tetapi juga berhasil dipasarkan ke luar daerah.

Baca  Pemkab PPU Serahkan Sertifikat Tanah kepada Petambak di Maridan

Supardi berharap bahwa pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh dari studi tiru ini dapat diadopsi oleh para petani dan penyuluh di PPU. “Penerapan teknik yang dipelajari diharapkan dapat membawa kemajuan pada sektor pertanian di PPU, mendukung upaya ketahanan pangan dan memperkuat perekonomian lokal melalui pertanian yang lebih produktif dan berkelanjutan,” tambahnya.

Baca  Pj Bupati PPU Serahkan Sertifikat Tanah Petambak Maridan

Kegiatan ini juga mendapat sambutan hangat dari Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, yang menyatakan dukungannya terhadap upaya kolaboratif antardaerah dalam peningkatan kapasitas pertanian organik. Acara ini ditutup dengan penyerahan cendera mata dari Distan PPU kepada tuan rumah sebagai simbol apresiasi dan kerjasama. (Roro)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker