KaltimSamarinda

Panglima Kodam VI Mulawarman Pastikan Kesiapan Pengamanan Pilkada 2024

Panglima Kodam VI Mulawarman, Mayjend Tri Budi Utomo menjelaskan kesiapan TNI dalam Pilkada 2024 (Foto: Editorialkaltim/Adryan)

Editorialkaltim.com – Panglima Kodam VI Mulawarman, Mayjend Tri Budi Utomo, menegaskan kesiapan personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) di bawah komandonya dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 yang akan berlangsung di wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara. Dalam sesi wawancara setelah pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Ke-79 Sabtu (05/10/2024) di Lapangan Kadrie Oening Samarinda, Budi menyatakan seluruh prajurit sudah siap untuk mendukung kelancaran dan keamanan proses demokrasi ini.

“Kami telah melakukan simulasi dan latihan secara intensif untuk memastikan personel Kodam VI Mulawarman siap menghadapi segala bentuk ancaman atau gangguan yang mungkin terjadi selama Pilkada. Pengamanan akan dilakukan sesuai dengan prosedur, dan kami bekerja sama dengan pihak kepolisian serta pemerintah daerah untuk menjaga situasi yang kondusif,” ujar Pangdam.

Baca  Triwulan III 2023 Ekonomi Kaltim Tumbuh 5,29 Persen, Tertinggi di Pulau Kalimantan

Sebanyak 5.410 personel telah disiapkan yang sudah dibagi menjadi 3 Komando Resor Militer (Korem). Korem 091 Aji Surya Natakesuma Kaltim sebanyak 2.445 orang. Selanjutnya Korem Antasari 101 Kalsel sebanyak 925 orang yang melingkupi 13 kabupaten/kota. Korem 092 Maharajalila Kaltara yang jumlahnya 925 orang untuk 5 kota/kabupaten.

Satuan tersebut akan disiagakan, dengan fokus pengamanan pada TPS-TPS di daerah rawan konflik. Tidak hanya itu, pasukan cadangan juga telah disiapkan untuk menghadapi potensi eskalasi keamanan di beberapa wilayah strategis.

Selain mengamankan jalannya pemilihan, Kodam VI Mulawarman juga berkomitmen menjaga netralitas prajurit TNI selama pelaksanaan Pilkada. Mayjend Budi Tri Utomo menekankan pentingnya menjaga integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas negara.

Baca  Kirab Drumband Integrasi Latsitarda Nusantara Meriahkan Kota Samarinda

“Kami tekankan, netralitas TNI adalah harga mati. Prajurit tidak boleh berpihak kepada salah satu calon, tugas kami murni menjaga keamanan dan ketertiban agar Pilkada bisa berjalan dengan lancar dan damai,” tegas Pangdam.

Pilkada serentak 2024 ini menjadi ujian penting bagi stabilitas keamanan di wilayah Kodam VI Mulawarman yang mencakup tiga provinsi di Kalimantan. Dengan komitmen yang telah ditunjukkan, diharapkan proses pemilihan dapat berlangsung aman, tertib, dan demokratis.

Mayjend Budi Tri Utomo juga mengimbau masyarakat agar tidak terprovokasi oleh isu-isu yang berpotensi memecah belah persatuan selama masa pemilihan.

“Kami mengajak seluruh warga untuk menjaga kerukunan dan turut serta menjaga keamanan di lingkungan masing-masing,” tutupnya.

Baca  Samarinda Raih Predikat Kota Layak Huni, Novi: Masih Banyak yang Harus Dibenahi

Kodam VI Mulawarman bersama jajaran menegaskan terus bersiaga penuh untuk memastikan pelaksanaan Pilkada 2024 berlangsung sukses tanpa hambatan berarti. Selain itu diharapkan masyarakat memberi dukungan terhadap TNI. Ia mengungkapkan TNI adalah bagian dari rakyat dan keduanya adalah bagian yang tidak terpisahkan untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita dengan rakyat tidak boleh ada yang memisahkan sinergitas dan lembaga lain tidak ada yang boleh memisahkan dalam rangka mengawal tegaknya NKRI,” pungkasnya. (adr/ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button