Nasional

319.255 Pelamar Lolos Seleksi Administrasi CPNS Kemenag 2024

Ilustrasi pelamar CPNS (Foto: Kemenpan RB)

Editorialkaltim.com – Kementerian Agama (Kemenag) resmi mengumumkan hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024. Dari total 386.540 pelamar yang berhasil melakukan submit, sebanyak 319.255 orang dinyatakan memenuhi syarat dan berhak melanjutkan ke tahap berikutnya.

“Jumlah pendaftar mencapai 411.194 orang, namun hanya 386.540 yang menyelesaikan proses submit. Dari angka tersebut, 319.255 pelamar lolos seleksi administrasi,” ujar Sekjen Kemenag M Ali Ramdhani di Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Pelamar yang lolos dapat mengecek pengumuman melalui situs resmi Kemenag di https://kemenag.go.id atau melalui akun masing-masing di laman https://sscasn.bkn.go.id. Sementara itu, 67.285 pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Baca  Rekor Baru: Kemenag Dapat Jatah 110.553 Formasi CASN, Terbesar dalam Sejarah

Bagi pelamar yang tidak lulus seleksi administrasi, masih ada kesempatan untuk mengajukan sanggahan pada 18-20 September 2024 melalui akun SSCASN masing-masing. “Sanggahan disampaikan melalui akun SSCASN pada laman https://sscasn.bkn.go.id,” jelas Kang Dhani, sapaan akrab M Ali Ramdhani.

Ia menegaskan bahwa proses seleksi CPNS Kemenag tidak dipungut biaya.

“Kelulusan adalah hasil prestasi dan kerja keras pelamar sendiri. Jika ada pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apapun, baik dari pegawai Kemenag atau lainnya, itu merupakan tindak penipuan,” tegasnya.

Baca  Siap-siap! Pendaftaran CPNS 2023 Dibuka Buat 1 Juta Formasi, Fresh Graduate Dapat Jatah 20 Persen

Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag Wawan Djunaedi menambahkan, pelamar yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

“Mereka wajib mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu SKD dengan Computer Assisted Test (CAT) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB),” ujarnya.

Wawan juga menjelaskan bahwa pelamar dapat memilih untuk menggunakan nilai CAT tahun 2023 jika sebelumnya telah mengikuti tes tersebut.

Baca  Prabowo Bakal Tambah 300 Fakultas Kedokteran, IDI: Sangat Berlebihan

“Jika ingin menggunakan nilai tahun lalu, pelamar dapat mencentang pilihan tersebut di akun SSCASN masing-masing. Jika tidak, maka wajib mengikuti CAT tahun ini,” terangnya.

Setelah pengumuman hasil sanggah, pelamar yang lolos dapat mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian melalui laman https://sscasn.bkn.go.id. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button