IKNNasional

DPR Setujui Tambahan Anggaran Rp27,8 Triliun untuk Pembangunan IKN di 2025

Kantor Istana Nusantara di IKN (Foto: BPMI Setpres)

Editorialkaltim.com – Dalam rapat kerja yang digelar di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (9/9/2024), Komisi II DPR RI telah menyetujui usulan penambahan anggaran sebesar Rp27,8 triliun yang diajukan oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) untuk tahun anggaran 2025.

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia, menyatakan persetujuan tersebut sekaligus menjadi rekomendasi kepada Badan Anggaran DPR RI untuk memasukkan usulan tambahan anggaran ke dalam pagu anggaran definitif OIKN 2025.

“Dengan kita sudah menyepakati kesimpulan, maka kita meminta Badan Anggaran untuk memenuhi usulan ini,” ujar Doli.

Baca  Usai Mundur dari Otorita IKN, Bambang Susantono Diberi Misi Baru oleh Jokowi

Plt Wakil Kepala OIKN, Raja Juli, yang turut hadir dalam rapat tersebut, menjelaskan tambahan anggaran yang diusulkan akan digunakan untuk mendukung enam kedeputian di OIKN, dengan alokasi terbesar dialokasikan untuk Deputi Bidang Sarana dan Prasarana sebesar Rp26,7 triliun.

Anggaran tersebut direncanakan untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan, KIPP (Kawasan Industri dan Pergudangan), ASN (Aparatur Sipil Negara), serta fasilitas air minum, pengolahan limbah dan sampah.

Baca  PPKM Dicabut, Jokowi Sebut Bantuan Sosial Tetap Dilanjutkan

“Kita juga akan menggunakan anggaran tersebut untuk pengelolaan gedung di kawasan IKN beserta sarana prasarana dasar yang telah terbangun, seperti hunian untuk pekerja konstruksi, rumah ASN, rumah MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), dan rumah jabatan untuk Menteri,” tambah Raja Juli.

Rincian anggaran untuk kedeputian lainnya mencakup Rp788,2 miliar untuk Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan, Rp106,1 miliar untuk Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan, Rp62,5 miliar untuk Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat, Rp37,7 miliar untuk Deputi Bidang Konstruksi Hijau dan Digital, serta Rp63 miliar untuk Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.

Baca  Jokowi Resmikan Pembangunan PLTS di IKN Berkapasitas 50 Megawatt, Mampu Kurangi 104.000 ton Emisi Karbon Tiap Tahun

Meskipun total anggaran yang dibutuhkan untuk rancangan anggaran 2025 adalah Rp28,3 triliun, OIKN saat ini hanya mengusulkan pagu indikatif sebesar Rp27,8 triliun kepada Komisi II DPR RI. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button