Samarinda

Jadi Pembicara Dies Natalis Ke-23 FMIPA Unmul Andi Harun Sebut Pemimpin Harus Terbiasa Dengan Tradisi Ilmiah 

Andi Harun Wali Kota Samarinda Menjadi Pembicara dalam Acara Dies Natalis KE-23 FMIPA Unmul. (editorialkaltim/adryan)

Editorialkaltim.com – Wali Kota Samarinda, Andi Harun diundang menjadi pembicara dalam acara Dies Natalis ke-23 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Mulawarman, Rabu (04/09/2024). Dalam kegiatan tersebut Wali Kota menyampaikan materi kepada mahasiswa dan segenap civitas akademika FMIPA Unmul. 

Andi Harun ditemui setelah acara selesai mengungkapkan kehadirannya dalam acara kegiatan dies natalis FMIPA Unmul dalam rangka memenuhi undangan. Selain itu kehadirannya sebagai upaya menjalin silaturahmi antara antara pihak kampus dan dirinya sebagai pejabat pemerintahan. 

“Urgensi utama saya datang kesini sebenarnya lebih utamanya membersamai dies natalis yang 23 FMIPA Unmul. Kemudian berkumpul dengan Ibu dekan dan civitas akademika dan mahasiswa lebih dari pada itu,”  paparnya.

Baca  Kendala Anggaran Disperkim Samarinda Dalam LKPJ 2023

Andi Harun mengungkapkan sebagai politisi atau pejabat publik sudah semestinya dekat dengan lingkungan akademik. Menurutnya seorang pemimpin harus membiasakan diri dengan tradisi ilmiah. Lebih lanjut Andi Harun menjelaskan tradisi ilmiah akan melatih seseorang untuk memiliki pemikiran yang logis. Sehingga kebijakan maupun keputusan yang diambil dalam menjalankan amanahnya sebagai seorang pemimpin memberi manfaat yang lebih luas. 

Politisi dan pemimpin itu harus membiasakan diri dalam tradisi ilmiah. Tradisi akademik melatih kita berpikiran logis penalaran logis dan sampai pada penerapan ilmu terapan yang logis. Kalau nggak bisa polemik,” imbuhnya. 

Baca  Damayanti Ajak Masyarakat Bantu Anak Terlantar

Pada kesempatan tersebut Andi Harun menuturkan materi diskusi yang disampaikan ketika menjadi pembicara berkaitan dengan Sains dan Matematika sebagai instrumen untuk meningkatkan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang ada. Selain itu Andi Harun menyampaikan FMIPA Unmul diharapkan menjadi pusat atau inovasi bagi kemajuan Kaltim. Andi Harun berkomitmen pemerintah kota Samarinda akan memberikan bantuan untuk mendorong hal tersebut terwujud. 

Dalam kesempatan yang sama Andi Harun juga memberikan masukan untuk FMIPA Unmul agar membuka Program Studi yang baru yaitu Data Sains. Menurutnya program studi tersebut saat ini sangat diperlukan untuk menjawab tantangan pembangunan khususnya berkaitan dengan ekologi dan lingkungan. 

Baca  Subandi Optimis Partisipasi Pemilih di Samarinda Meningkat

“Maka saya tadi menyarankan FMIPA ada prodi baru yaitu data sains karena sekarang kebijakan publik pun harus berdasarkan data yang akurat data sains dalam memecahkan ekologi dan sosial yang dihadapi masyarakat,” pungkasnya. (Adr/shn)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button