Penajam Paser Utara

Sosialisasi Pengukuran Indeks Kebijakan di Kabupaten PPU, Inisiatif Menuju Reformasi Birokrasi

Pj Bupati PPU, Makmur Marbun, resmi membuka kegiatan sosialisasi pengukuran indeks kebijakan di Kabupaten PPU (istimewa)

Editorialkaltim.com – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun, telah resmi membuka kegiatan sosialisasi pengukuran indeks kebijakan di Kabupaten PPU, yang dilaksanakan di Aula Lantai III Kantor Bupati PPU, Selasa (3/9/2024). Acara ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk Asisten Bidang Administrasi Umum Setda PPU, Ainie, dan Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah dari Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KDOD LAN), Muhammad Aswad.

Baca  PPID PPU Laksanakan Uji Konsekuensi Informasi Demi Peningkatan Keterbukaan Publik

Kegiatan ini merupakan bagian dari usaha pemerintah daerah dalam memantapkan komitmen untuk meningkatkan pelaksanaan reformasi birokrasi. “Hasil pengukuran Indeks Kualitas Kebijakan (IKK) tahun 2023 menunjukkan peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan tahun 2021. Dari hanya 40 persen di tahun 2021, kini partisipasi instansi pusat dan daerah yang mengikuti pengukuran IKK telah meningkat menjadi 97 persen,” jelas Marbun.

Baca  Wakil Ketua DPRD PPU Tegaskan Pentingnya Revitalisasi Pelabuhan Penajam untuk Ekonomi Lokal

Dia menambahkan bahwa masih terdapat banyak kebijakan dan regulasi yang diterbitkan hanya sebagai pemenuhan syarat Indikator Kinerja Utama (IKU), yang lebih menekankan pada jumlah dan kuantitas regulasi yang dibuat daripada kualitas kebijakan itu sendiri.

“Kami berupaya mendorong setiap kebijakan publik agar didasarkan pada bukti yang kuat, inovatif, partisipatif terhadap kelompok kepentingan, dan komunikatif. Ini adalah modal utama dalam menciptakan kebijakan publik yang berkualitas,” tegas Marbun.

Baca  Makmur Marbun Soroti Peran Vital PPPK dalam Pelayanan Publik PPU

Acara ini juga menjadi forum bagi para pejabat pemerintah daerah untuk berdiskusi dan berkolaborasi dalam mencari solusi atas tantangan yang dihadapi, serta mengidentifikasi strategi yang dapat memajukan reformasi birokrasi di Kabupaten PPU. (Roro/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button