Kukar

Kukar Capai Penurunan Stunting Signifikan, Bupati Edi Optimis Target 2025

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah (istimewa)

Editorialkaltim.com – Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, memiliki misi besar untuk menghapus stunting di wilayahnya, mencerminkan kepedulian mendalam terhadap masa depan generasi muda. Stunting, yang melibatkan masalah tumbuh kembang pada anak, bukan hanya angka statistik bagi Edi, melainkan nasib nyata ribuan balita di Kukar.

Edi Damansyah menjelaskan bahwa ada dua hambatan utama dalam mencapai target zero stunting di Kukar pada tahun 2025: budaya kerja yang mapan dan tantangan geografis. Namun, ia percaya dengan komunikasi yang efektif dan komitmen kuat dari semua pihak, kedua hambatan ini dapat diatasi. “Di beberapa titik yang saya kunjungi, progresnya sudah sangat bagus. Peran kepala desa dan ketua PKK desa sangat penting, karena mereka yang paling dekat dengan masyarakat,” ujar Edi.

Baca  Daftar Lengkap Calon Pemimpin Kabupaten/Kota di Pilkada Kaltim 2024 Beserta Parpol Pendukung

Salah satu inisiatif konkret dari Edi adalah Program Keluarga Peduli Kesehatan, bagian dari 23 Program Kukar Idaman. Program ini tidak hanya terbatas pada intervensi kesehatan tetapi melibatkan Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, serta Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS).

Baca  Bupati Apresiasi Sederet Prestasi Koperasi Sawit dalam HUT KPBS

Strategi penanganan stunting di Kukar melibatkan intervensi sensitif dan spesifik yang berfokus pada pemantauan gizi dan kesehatan balita. “Dinas Kesehatan Kukar bertugas melakukan intervensi spesifik dengan menyediakan dokter spesialis anak, ahli gizi, dan makanan pendamping untuk balita di daerah,” kata Leni Astuti, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kukar.

Berhasil mengurangi angka stunting dari 27,1 persen pada tahun 2022 menjadi 14 persen pada survei terbaru Juni 2024, Kukar menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur sebagai kabupaten dengan penurunan stunting terbaik di wilayah tersebut.

Baca  Bupati Edi Damansyah Lantik Adi Sucipto Sebagai Kades PAW Desa Purwajaya

Capaian ini merupakan hasil kerja keras dari Tim Percepatan Penanganan Stunting Kukar, yang dipimpin oleh Bupati Edi Damansyah. Kinerja tim ini menjadi model penanganan stunting yang efektif, menunjukkan bahwa dengan sinergi dan dedikasi yang kuat, pencapaian zero stunting bukanlah hal yang mustahil bagi Kutai Kartanegara. (roro)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button