Internasional

Hamas Resmi Tunjuk Yahya Sinwar sebagai Pemimpin Baru Gantikan Ismail Haniyeh

Pemimpin baru Hamas, Yahya Sinwar (Foto: Reuters)

Editorialkaltim.com – Gerakan Perlawanan Islam Hamas mengumumkan pada Selasa (7/8/2024) penunjukan Yahya Sinwar sebagai kepala biro politik baru, menggantikan Ismail Haniyeh yang tewas terbunuh minggu lalu di Teheran, Iran. Pernyataan resmi yang dirilis oleh kelompok tersebut menyebutkan pemilihan Sinwar diharapkan dapat mengirimkan pesan kuat kepada Israel.

“Yahya Sinwar akan memimpin gerakan dalam melanjutkan perjuangan melawan pendudukan,” ujar juru bicara Hamas.

Berita ini juga diumumkan oleh saluran berita Al Arabiya yang menegaskan perubahan kepemimpinan ini sebagai momentum kritis bagi kelompok tersebut.

Baca  Hamas dan Fatah Akhirnya Berdamai, Tandatangani Deklarasi Persatuan di Beijing

Beberapa menit setelah pengumuman kepemimpinan baru, Brigade Ezzedine al-Qassam, sayap militer Hamas, melancarkan serangan roket ke wilayah Israel. Tindakan ini menunjukkan kelanjutan dari sikap agresif kelompok terhadap Israel.

Menurut seorang pejabat senior Hamas, kematian Haniyeh telah memicu keputusan untuk memilih Sinwar yang lebih dikenal dengan pendekatan militannya.

“Pemilihan Sinwar adalah respons terhadap pembunuhan Haniyeh yang mendukung gencatan senjata dan pertukaran tahanan dengan Israel,” tambah pejabat tersebut.

Baca  Joe Biden Lega Trump Selamat dari Penembakan di Kampanye Pennsylvania

Sinwar, sosok yang kerap kali dikaitkan dengan operasi militer dan dianggap sebagai pengambil keputusan utama di Gaza, kini mengemban tanggung jawab berat dalam memimpin Hamas. Ia juga dipercaya mengontrol situasi sekitar 120 sandera Israel yang saat ini masih berada di tangan Hamas.

Keputusan ini diambil di tengah kondisi yang tegang, dimana Sinwar sendiri dilaporkan bersembunyi di dalam terowongan bawah tanah di Gaza, strategi untuk menghindari serangan lanjutan dari Israel yang mengecam keras tindakan Hamas. (ndi)

Baca  Korea Utara Dukung Resolusi PBB untuk Palestina, Desak Keanggotaan Penuh

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button