Kutim

Wakil Ketua DPRD Kutim Sorot Rencana Pembangunan Pabrik AMDK, Asti: Lebih Baik Prioritaskan Air Bersih

Wakil Ketua DPRD Kutim, Asti Mazar Bulang. (istimewa)

Editorialkaltim.com – Perumdam Tirta Tuah Benua (TTB) memulai ekspansi bisnisnya dengan pembangunan pabrik pengolahan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Proses groundbreaking pembangunan pabrik ini dilakukan di Jalan Papa Charlie, Kabo, Desa Swarga Bara, Kecamatan Sangatta Utara oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman. Pabrik ini diharapkan memulai produksi dengan target awal 100 dus per hari untuk kemasan air botol 330 milimeter dan 100 dus per hari untuk kemasan gelas 200 milimeter.

Baca  Diskominfo Kutim Sosialisasi KIM untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Teknologi Informasi

Namun, proyek senilai Rp7 miliar ini menimbulkan pertanyaan dari Wakil Ketua DPRD Kutim, Asti Mazar Bulang, terutama mengenai pemilihan investasi Perumdam TTB. Asti mempertanyakan kelayakan pembangunan pabrik AMDK sementara masih banyak masyarakat di kecamatan yang belum bisa menikmati fasilitas layanan air bersih. “Kami belum tahu secara pasti alasan dibangunnya pabrik ini, karena saya belum bertemu secara langsung dengan pihak Perumdam kenapa membuka investasi tersebut, sementara jaringan air bersih masyarakat belum 100 persen terlayani dan saya juga baru tahu dari wartawan,” ucap Asti saat dikonfirmasi, Selasa (22/7/2024).

Baca  Legislator Kutim Soroti Ketertiban Kota Sangatta

Sampai tahun 2022, cakupan layanan Perumdam TTB untuk wilayah perkotaan telah mencapai 91 persen, sedangkan untuk wilayah pedesaan masih sekitar 55,99 persen. Layanan ini baru dinikmati masyarakat di 53 desa dari total 139 desa di 18 kecamatan. Asti juga menambahkan, “Apakah memang yang belum terpasang ini berkaitan dengan jaringan atau karena anggaran, dan harusnya kami dapat laporan kalau ada kegiatan semacam ini, minimal surat tembusan tapi sampai sekarang saya belum terima.”

Baca  Usai Meninjau Asrama Mahasiswa Kutim di Makassar, Yan Sebut Kondisinya Parah Sekali

Ekspansi Perumdam TTB ke dalam bisnis AMDK menimbulkan diskusi mengenai prioritas dan manajemen sumber daya air di tengah kebutuhan mendesak akan peningkatan akses air bersih bagi masyarakat.(Lah/shn/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button