Kutim

Mandat Baru Panwascam Kutim, Bupati Ardiansyah Ingatkan Pentingnya Integritas dan Koordinasi dalam Pilkada

Pelantikan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kutim (istimewa)

Editorialkaltim.com – Dalam rangka persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kutai Timur tahun 2024, yang akan berlangsung pada 27 November, Pemkab Kutim melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo Staper) mengadakan pelantikan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kutim. Acara yang dihadiri oleh Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman dan Ketua Bawaslu Kutim Aswadi ini berlangsung di Meeting Room Teras Balad pada Jumat (24/5/2024).

Bupati Ardiansyah Sulaiman, dalam sambutannya, menekankan pentingnya menjaga integritas dan menjalankan demokrasi selama proses pemilihan. “Panwascam memiliki tugas yang sangat penting dalam memastikan kepala daerah yang terpilih adalah sosok yang berintegritas dan demokratis. Kami berharap saudara-saudara dapat menjalankan tugas ini dengan penuh tanggung jawab dan menjunjung tinggi prinsip independensi,” ujar Ardiansyah.

Baca  Revolusi Administrasi di Kutai Timur, Itwil Sosialisasi Permenpan-RB Nomor 9 Tahun 2023

Selain itu, Bupati juga menekankan pentingnya koordinasi yang baik antara Panwascam dengan berbagai pihak terkait dalam proses pengawasan Pemilu. “Kami berharap proses pelaksanaan dan hasil Pemilu nanti bisa berjalan lancar dengan adanya dukungan dari Panwascam. Bersama-sama dengan elemen sosial lainnya yang juga ikut terlibat dalam pengawasan, mari kita saling berdiskusi tentang prosedur dan metode pengawasan terbaik,” tambah Ardiansyah.

Baca  Data Beda, DPRD Kaltim Soroti Tenaga Kerja Asing di Kutim

Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh Komisioner Bidang ESA Indra Zakaria untuk mensosialisasikan perubahan dalam pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kepatuhan Badan Publik, yang mempengaruhi proses pemilihan nanti. “Monitoring dan evaluasi ini bertujuan untuk memastikan implementasi keterbukaan informasi berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” jelas Indra.

Sebagai bagian dari komitmen untuk meningkatkan transparansi, Bupati Ardiansyah menambahkan bahwa kerjasama antar lembaga dan koordinasi efektif antara Panwascam dengan tingkatan di atasnya adalah kunci untuk memastikan setiap langkah dan keputusan yang diambil tetap dalam koridor hukum dan aturan yang telah ditetapkan.

Baca  Narkoba di Kutim Masih Tinggi, Bupati Ardiansyah Minta Toko Agama Ikut Putus Rantai Peredaran

Acara diakhiri dengan harapan kuat dari semua pihak terlibat untuk memastikan Pilkada Kutim dapat berlangsung secara adil dan demokratis. (roro/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button