Nasional

Jokowi Rampungkan 195 Proyek Strategis Nasional 2016-2024, Nilainya Rp1.519 Triliun

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan keterangan pers, Senin (18/03/2024), di Jakarta (Foto: Dok Setkab)

Editorialkaltim.com – Dalam kurun waktu 2016 hingga Februari 2024, Pemerintah Indonesia berhasil merampungkan pembangunan sejumlah 195 Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan total investasi mencapai Rp1.519 triliun.

Hal ini diumumkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyusul pertemuan terbatas tentang PSN yang diadakan di Istana Kepresidenan pada Senin (18/3/2024).

Menurut Airlangga, saat ini terdapat 77 proyek yang sedang dalam tahapan konstruksi atau sudah mulai beroperasi sebagian, serta 13 proyek lainnya yang memiliki nilai investasi gabungan sebesar Rp2.960,7 triliun.

Baca  Presiden Jokowi Ungkap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Ungguli Rata-rata Global

“77 proyek dan 13 proyek dalam tahap konstruksi atau produksi sebagian, nilainya Rp2.960,7 triliun,” ujar Airlangga.

Pemerintah bertekad untuk menuntaskan 41 proyek strategis lagi dalam tahun ini, dengan perincian lima proyek pada kuartal pertama, 24 proyek di kuartal kedua, dan sisanya 12 proyek pada kuartal terakhir 2024.

Dalam rapat tersebut, Airlangga Hartarto juga menyinggung beberapa isu kritis yang telah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo. Isu-isu tersebut utamanya berkisar pada permasalahan pengadaan lahan dan tata ruang yang menjadi kendala dalam pengembangan beberapa PSN.

Baca  Daftar Parpol dengan Eks Napi Terbanyak di Pemilu 2024, Golkar Nomor Satu

Salah satu proyek yang mengalami hambatan adalah pembangunan Tol Gilimanuk-Mengwi yang telah berganti status dari inisiatif swasta (unsolicited) ke inisiatif pemerintah (solicited).

Sementara itu, proyek Kawasan Industri Pupuk Fakfak masih terhambat oleh isu lingkungan hidup dan konflik atas tanah ulayat. Selain itu, ada pula kendala pada Kawasan Industri Terpadu Batang yang terkait dengan penetapan harga gas sebesar 6 dolar AS.

Baca  Ma'ruf Amin Soal Bantuan Sosial: Hanya untuk Orang Miskin, Bukan Korban Judi Online

Airlangga menandaskan bahwa akan diadakan rapat khusus untuk membahas dan menyelesaikan isu-isu terkait pengembangan PSN tersebut.

“Nanti akan ada rapat khusus” ucap Airlangga. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button