Bontang

Komisi II Dorong Investasi Pariwisata di Bontang untuk 2024

Bontang Mangrove Park (Istimewa)

Editorialkaltim.com – Komisi II DPRD Bontang mengungkapkan pentingnya perhatian dan peningkatan investasi di sektor pariwisata oleh Pemkot Bontang untuk tahun 2024. Fokus ini ditujukan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait pariwisata, baik langsung maupun tidak langsung.

Anggota Komisi II DPRD Bontang Suharno menekankan bahwa perhatian khusus harus diberikan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). “Anggaran DPMPTSP harus tidak hanya fokus pada investasi sektor industri, tetapi juga harus serius dalam mendukung investasi di bidang pariwisata,” ujarnya.

Baca  Komisi III DPRD Bontang Soroti Lambannya Operasional Gedung Uji Kir Dishub

Inisiatif ini sejalan dengan visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang untuk menjadikan kota tersebut sebagai destinasi pariwisata utama. “Dengan mendorong investor, diharapkan pariwisata dapat memberikan dampak positif terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bontang,” tambahnya.

Saat ini, fokus sektor pariwisata sedang dipersiapkan untuk mendukung kemandirian fiskal daerah dan strategi Bontang pasca migas. Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) masih sangat bergantung pada Dana Bagi Hasil Minyak dan Gas (DBH Migas), sementara PAD masih tergolong minim.

Baca  Terpilih Sebagai Legislator Bontang, Saeful Rizal Menaruh Perhatian Lebih pada Dunia Pendidikan

“Kami dari legislatif terus mendorong OPD penghasil PAD untuk memanfaatkan potensi pendapatan lain, termasuk sektor pariwisata,” jelas anggota Komisi II.

Peningkatan sektor pariwisata di Bontang sudah mulai terlihat, salah satunya terbukti dari prestasi Kampung Malahing yang meraih peringkat 3 dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 kategori Desa Wisata Maju. Kampung Malahing kini menjadi destinasi wisata unggulan di Bontang, sering dikunjungi wisatawan luar daerah. Pemkot Bontang berupaya menarik investasi untuk mendukung pertumbuhan sektor pariwisata di Bontang. (lin/adv)

Baca  Raking Apresiasi Pemkot Bontang Raih KLA Predikat Nindya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button