IKN

5 Keterampilan yang Dibutuhkan Sambut Pembangunan IKN, Lengkap dengan Peluang Kerja

Pembangunan IKN (Foto: Okezone).

Editorialkaltim.com – Indonesia sedang dalam tahap persiapan untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur dalam beberapa tahun ke depan. Proyek ini dikenal sebagai “Ibu Kota Nusantara” dan akan menghabiskan Rp460 trilun untuk pembangunan infrastruktur dan fasilitas.

Perpindahan ini akan membuka banyak peluang kerja baru di sektor pembangunan infrastruktur dan industri di Kalimantan Timur dan sekitarnya. Namun, untuk mengambil keuntungan dari peluang ini, ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh para pencari kerja.

Berikut adalah 7 keterampilan yang dibutuhkan dan peluang kerja terkait dengan perpindahan ibu kota negara (IKN) Nusantara yang dirangkum editorialkaltim.com:

1. Teknik Sipil dan Konstruksi

Keterampilan ini sangat penting dalam pembangunan infrastruktur di ibu kota baru. Mereka yang memiliki keterampilan ini dapat bekerja di bidang desain bangunan, manajemen proyek, dan konstruksi. Peluang kerja untuk profesi ini sangat besar di sektor konstruksi, manajemen proyek, konsultan teknik, dan perencanaan kota.

Baca  Dobel Mundur! Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe Tinggalkan Pucuk Pimpinan IKN

Peluang kerja terkait: insinyur sipil, arsitek, pengawas konstruksi, juga pekerja konstruksi.

2. Arsitektur

Keterampilan ini sangat penting dalam merancang bangunan dan ruang publik di ibu kota baru. Mereka yang memiliki keterampilan ini dapat bekerja sebagai arsitek, desainer interior, dan urbanis. Peluang kerja untuk profesi ini sangat besar di sektor arsitektur, konstruksi, dan perencanaan kota.

Peluang kerja terkait: arsitek, konsultasn arsitektur, desainer interior, dan urbanis.

3. Teknologi Informasi

Keterampilan ini sangat penting dalam mengembangkan sistem teknologi informasi yang akan digunakan di ibu kota baru. Mereka yang memiliki keterampilan ini dapat bekerja sebagai ahli teknologi informasi, pengembang perangkat lunak, dan analis sistem. Peluang kerja untuk profesi ini sangat besar di sektor teknologi informasi, perusahaan startup, dan perusahaan besar yang memiliki kebutuhan teknologi tinggi.

Baca  Bahas LKPJ Wali Kota 2022, Novan Kritisi Penanganan Banjir di Samarinda

Peluang kerja terkait: ahli IT infrastruktur, software developmen (pengembang perangkat lunak), data analis, dan progremer.

4. Manajemen Proyek

Keterampilan ini sangat penting dalam mengelola proyek dan sumber daya di ibu kota baru. Mereka yang memiliki keterampilan ini dapat bekerja sebagai manajer proyek, manajer operasi, dan manajer sumber daya manusia. Peluang kerja untuk profesi ini sangat besar di sektor manajemen, konsultan bisnis, dan perusahaan besar yang memiliki kebutuhan manajemen tinggi.

Peluang kerja terkait: Manajer proyek, analis bisnis, konsultan manajemen, dan koordinator proyek.

5. Pemasaran

Keterampilan ini sangat penting dalam mempromosikan ibu kota baru dan menarik minat investor untuk berinvestasi di daerah tersebut. Mereka yang memiliki keterampilan ini dapat bekerja sebagai ahli pemasaran, manajer pemasaran, dan pengembang bisnis. Peluang kerja untuk profesi ini sangat besar di sektor pemasaran, perusahaan besar, dan konsultan bisnis.

Baca  Jokowi Pede Minat Investor Tak Terganggu Mundurnya Bambang dan Dhony dari IKN

Peluang kerja yang terkait: manajemen pemasaran, ahli branding, ahli komunikasi, hubungan masyarakat.

Pembangunan IKN baru akan menciptakan banyak peluang kerja di berbagai sektor. Keterampilan yang dibutuhkan terdiri dari keterampilan teknis dan keterampilan manajemen. Profesi yang terkait dengan keterampilan ini termasuk arsitek, ahli teknologi informasi, manajer proyek, dan ahli pemasaran.

[NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button