Kukar

Warga Kukar Diimbau Waspada Terhadap Potensi Kebakaran Akibat Cuaca Panas

ILUSTRASI. Cuaca ekstrem yang melanda beberapa daerah di Indonesia, termasuk Kutai Kartanegara, turut mempengaruhi kehidupan masyarakat. Cuaca panas yang terasa sangat terik merupakan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). (istimewa).

Editorialkaltim.com – Cuaca ekstrem yang melanda beberapa daerah di Indonesia, termasuk Kutai Kartanegara, turut mempengaruhi kehidupan masyarakat. Cuaca panas yang terasa sangat terik merupakan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalak BPBD) Kukar, Fida Hurasani, mengimbau masyarakat waspada terhadap potensi bencana dan kebakaran. “BPBD harus selalu siap dan siaga, tidak peduli bagaimana kondisinya,” ujar Fida.

Baca  Maslianawati Dikukuhkan Sebagai Pembina Utama Posyandu di Kaltim

Hal ini berlaku baik di daerah pemukiman maupun lahan dan hutan. Upaya pengecekan rutin terhadap sarana dan prasarana juga dilakukan untuk memastikan tidak ada kendala di lapangan saat terjadi bencana.

Selain itu, BPBD Kukar terus melakukan patroli keliling dan memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada. “Selama Bulan Ramadan, kita terus melakukan hal ini secara kontinyu,” lanjut Fida.

Baca  Celni Pita Sari Giat Tingkatkan Kemampuan Relawan Kebakaran di Samarinda

Masyarakat juga diimbau berhati-hati saat membakar sampah dan sebisa mungkin menghindari aktivitas tersebut. “Artinya, sebisa mungkin hindari melakukan pembakaran sampah,” tutup Fida. Dengan imbauan ini, diharapkan masyarakat dapat turut mencegah potensi bencana yang mungkin terjadi. (lin/adv)

Related Articles

Back to top button