Samarinda

Tingkatkan Pengembangan SDM, KPID Kaltim Kerjasama dengan Perguruan Tinggi

Wakil Ketua KPID Kaltim, Ali Yamin Ishak. (dok pribadi).

Editorialkaltim.com – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar kerja sama bersama beberapa instansi, termasuk perguruan tinggi. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua KPID Kaltim, Ali Yamin Ishak, Selasa (14/2/2023).

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU).

“Kami telah melaksanakan kerjasama dalam bentuk MoU dengan beberapa perguruan tinggi. Tentu hal ini bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM),” ujar Ali.

Baca  Hindia Sukses Hibur Penonton di Sukaramai Fest Samarinda

KPID memiliki tugas pokok dan fungsi diantaranya menjamin masyarakat untuk memperoleh informasi yang layak dan benar, ikut membantu pengaturan infrastruktur bidang penyiaran, serta menampung, meneliti, dan menindaklanjuti aduan, sanggahan, kritik dan apresiasi dari masyarakat terhadap penyelenggaraan penyiaran. Tupoksi tersebut tentunya harus mendapatkan dukungan penuh salah satunya adalah melalui peran dari perguruan tinggi.

Baca  Bupati Ardiansyah Sulaiman Tekankan Pentingnya Silaturahmi dalam Halal Bihalal DPD PKS Kutim

Selain itu, untuk meningkatkan pengawasan isi siaran, kedepan dia berencana akan menjalin kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bada Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta seluruh instansi pemeritah di kabupaten/kota Samarinda.

Dia menegaskan, KPID sebagai lembaga independen yang lahir dari undang-undang penyiaran, juga berkepentingan untuk memastikan penyiaran diselenggarakan sejalan dengan regulasi.

Baca  Pengaspalan Taman Samarendah Telan Anggaran Rp3,2 M, Angkasa Jaya: Terlalu Banyak

“Mengingat ini tahun politik, kami perlu melakukan pengawasan pemberitaan dan iklan kampanye pada pemilu pada 2024 mendatang,” terangnya.

[NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button