Kutim

Terbesar di Dunia, Progres Proyek Pabrik Semen Kutim Capai 73% Target Rampung Akhir Tahun

Pabrik semen PT Kobexindo Semen, Kutim. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Kabupaten Kutai Timur menjadi lokasi pembangunan pabrik semen PT Kobexindo Semen yang diklaim sebagai pabrik semen terbesar di dunia dengan kapasitas produksi akhir mencapai 8 juta ton per tahun. Kepala DPMPTSP Kaltim, Puguh Hardjanto bersama rombongan dinas terkait melakukan kegiatan monitoring pengendalian pelaksanaan investasi progres pembangunan pabrik semen tersebut, Rabu (5/4/2023). Saat ini, proyek tersebut telah mencapai 73% progress dan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

Pabrik semen ini mulai dibangun pada 2020 dengan total investasi Rp15 triliun. Proyek ini merupakan hasil kerjasama antara PT Kobexindo Semen dan investor asal China, hong shi holding group, produsen semen terbesar ke-3 disana. Diharapkan, pabrik ini akan menjadi penggerak ekonomi di Kaltim serta meningkatkan kualitas infrastruktur dan pembangunan di Indonesia.

Baca  Disdikbud Kutim Pertahankan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Siswa Baru
DPMPTSP Kaltim dan DPMPTSP Kutim saat monitoring pengendalian pelaksanaan investasi progres pembangunan pabrik semen PT Kobexindo. (Istimewa).

Dalam kegiatan monitoring tersebut, Puguh Hardjanto mengungkapkan optimisme terkait proyek pembangunan pabrik semen ini.

“Kami berharap dukungan dari seluruh stakeholder untuk memastikan pabrik semen terbesar ini dapat beroperasi sesuai jadwal yang ditargetkan,” ungkap Puguh.

Kepala Dinas DPMPTSP Kaltim, Puguh Harjanto (topi) bersama rombongan dinas terkait saat melakukan kegiatan monitoring pengendalian pelaksanaan investasi progres pembangunan pabrik semen PT Kobexindo Semen di Kutim, Rabu (5/4/2023).

Puguh juga menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah, investor, dan masyarakat sekitar dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi kelancaran proyek ini. Dia berharap pabrik semen ini akan memberikan manfaat yang luas, baik dalam penyerapan tenaga kerja, peningkatan perekonomian lokal, maupun pengembangan sektor industri terkait.

Baca  Daftar Lengkap UMK Kabupaten/Kota di Kaltim 2024, Berau Tertinggi

Dengan progres pembangunan yang terus meningkat, diharapkan pabrik semen PT Kobexindo Semen ini dapat segera beroperasi dan memenuhi kebutuhan semen di dalam negeri serta mendukung pembangunan infrastruktur yang lebih baik di Indonesia. Kesuksesan proyek ini akan menjadi bukti nyata kemajuan industri semen di negeri ini dan potensi besar yang dimiliki oleh Indonesia dalam menghadapi persaingan global. 

Baca  Dinilai Transparan, Pengelolaan Keuangan Pemkab Kutim Dapat WTP

[PAS | NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button