Samarinda

Subandi Optimis Partisipasi Pemilih di Samarinda Meningkat

Wakil Ketua DPRD Samarinda, Subandi. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Partisipasi pemilih pada Pilkada Samarinda 2020 sebesar 301.555 pemilih atau 52,26 persen dari 576.981 Daftar Pemilih Tetap (DPT) Samarinda. Angka ini masih jauh dari target nasional, yakni 77,63 persen.

Partisipasi pemilih tersebut diketahui usai pleno rekapitulasi dan penghitungan Pilkada Samarinda tingkat Kota pada 2021 lalu, hal tersebut menjadikan Samarinda menjadi peringkat paling rendah partisipasi dalam memberikan hak suara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Menanggapi hal tersebut Wakil Ketua DPRD Samarinda, Subandi di pertengahan reses menyampaikan harapan peningkatan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 ini bisa melebihi daripada tahun sebelumnya.

Baca  Pencapaian Target Kemiskinan Ekstrem di Samarinda Dipertanyakan

Dirinya yakin bahwa partisipasi masyarakat kota tepian aktif berpartisipasi memberikan suaranya dalam pemilu 2024 hingga menembus angka 80 persen.

“Harapan kita di Pemilu 2024 nanti, target partisipasi masyarakat mencapai 80 sampai 90 persen itu kan bagus,” jelasnya.

Politisi PKS ini memberikan catatan kepada KPU selaku penyelenggara pemilu dan seluruh elemen yang terkait untuk sama sama aktif memasifkan sosialisasi di tengah masyarakat, hal tersebut dilakukan untuk tercapainya target partisipasi masyarakat dalam memberikan hak suaranya di Pemilu 2024 nanti.

Baca  Anggota Dewan Nursobah: Panggil Semangat Pancasila untuk Mengubah Dunia

“Ini PR untuk KPU (Komisi Pemilihan Umum) sebagai penyelenggara untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memilih,” paparnya.

Diketahui Subandi kini mengemban tugas partai di Pemilu 2024 untuk dicalonkan menjadi anggota legislatif DPRD Kaltim daerah pemilihan Samarinda.

Dia berharap untuk adanya peningkatan partisipasi pemilih dan jangan sampai partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 nanti akan terulang lagi seperti Pemilu 2020 yang tidak menembus standar nasional.

Baca  Viral Pemilu Sistem Tertutup, Nursobah Sebut Demokrasi Berjalan Mundur

“Jangan seperti kemarin hanya 65 sampai 70 persen saja partisipasinya,” tutupnya.

[QON | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button