Penajam Paser Utara

Siap-siap! Jaringan 3G di PPU Bakal Dimatikan Permanen, Beralih ke Layanan 4G

Ilustasi. (futureloka.com).

Editorialkaltim.com – Dalam waktu dekat, jaringan 3G di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur akan dimatikan permanen. Upaya ini dilakukan, agar seluruh layanan internet di PPU beralih 4G.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Penajam Paser Utara, Budi Santoso saat menerima kunjungan perwakilan PT Telkomsel Kalimantan, Kamis (5/1/2023) sore. Dia mengungkapkan, seluruhnya akan migrasi menggunakan jaringan yang lebih cepat.

“Perwakilan PT Telkomsel bersilaturahmi dengan kami (Diskominfo PPU) dalam rangka memberikan informasi akan mengupgrade layanan jaringan 3G ke 4G. Nantinya untuk layanan 3G tidak diaktifkan lagi dan memperkuat jaringan 4G di wilayah PPU.” Ungkapnya.

Baca  Zainal Minta Kebijakan Pusat Terkait Penyerapan Tenaga Kerja Lokal

Dia juga menjelaskan, migrasi ini merupakan perluasan dan pemerataan layanan 4G di PPU. Terhitung pada 18 Januari mendatang, secara permanen layanan jaringan 3G di wilayah Benuo Taka ini sudah tidak lagi tersedia.

“Ini juga merupakan bagian dari kemajuan teknologi informasi, layanan 3G ini sudah mulai ditinggalkan. Jadi untuk saat ini masyarakat PPU sudah banyak memanfaatkan layanan jaringan 4G.” terangnya.

Baca  Pemkab PPU Ikuti Verifikasi Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat 2023

Beberapa wilayah di Kecamatan sepeti Waru, Babulu dan Sepaku, memang hingga saat ini masih dibawah layanan 3G, sehingga terkadang kondisi jaringan internet di daerah itu, berjalan lambat.

Untuk itu dia menghimbau, masyarakat yang masih menggunakan jaringan 3G pada kartu selulernya, agar segera melakukan pembaharuan jaringan. Nantinya, pihak PT Telkomsel memberikan layanan di sekitar komplek perkantoran dan ditempatkan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), sekaligus memberikan layanan kepada masyarakat yang sedang mengurus administrasi kependudukan.

Baca  Makmur Marbun Dorong Peningkatan Teknologi Irigasi untuk Lahan Pertanian di PPU

“Jadi, selain masyarakat ingin melakukan urusan administrasi kependudukan nantinya mereka juga bisa sambil upgrade SIM card mereka jika belum beralih ke layanan 4G. Diupayakan dalam waktu dekat nanti sudah ada stand PT Telkomsel itu sendiri untuk upgrade SIM 3G ke 4G.” pungkasnya.

[NFA]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltim kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button