Samarinda

Deni Hakim: Probebaya Sukses Sejahterakan Masyarakat

Sekretaris Komisi IV DPRD Samarinda, Deni Hakim Anwar. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Program unggulan Wali Kota Samarinda, Andi Harun dan Wakil Wali Kota, Rusmadi yakni Probebaya mendapat perhatian dari berbagai pihak. Salah satunya, Sekretaris Komisi IV DPRD Samarinda, Deni Hakim Anwar.

Probebaya merupakan akronim dari Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat yang kemudian direalisasikan dalam bentuk alokasi anggaran sebesar Rp100 juta sampai Rp300 juta tiap RT dalam setahun. Dengan kata lain, program ini melibatkan masyarakat untuk ikut berpartisipasi secara langsung dalam pembangunan kota.

Baca  Angkasa Jaya Minta Pemkot Serius Tangani Banjir di Samarinda

Deni Hakim Anwar mengatakan, program tersebut direalisasikan pada 2021 lalu secara bertahap. Kini telah direalisasikan ke seluruh RT di Samarinda.

“Sebanyak 1992 RT di Samarinda sudah menerima dan merasakan manfaat secara langsung oleh masyarakat di Kelurahan masing-masing,” ujar Deni, Kamis (12/01/2023).

Saat melakukan reses, dia meninjau secara langsung implementasi Probebaya di kelurahan dan RT. Hasilnya, masyarkat merasa aspirasinya mulai terakomodir.

Baca  Apresiasi Program Pemberian Makanan Tambahan Ibu Hamil dan Menyusui Anwar Sebut Turunkan Angka Stunting Samarinda

“Warga mlai merasakan manfaatnya Biasanya, usulan RT melalui musrembang dan tidak semua bisa masuk. Tapi dengan adanya probebaya, keinginan warga sedikit demi sedikit terakomodir,” tuturnya.

Dia menyebutkan, pembangunan infrastrukur fisik juga terakomodir dalam Probebaya. Begitupun dengan jaminan kesehatan.

“Pemberdayaan ekonomi UMKM juga masuk dalam Probebaya, jadi program ini memang berdampak langsung oleh warga Kota Tepian ini,” kata Deni.

Baca  Gelar Soswabang, Encik Wardani Soroti Pentingnya Bhineka Tunggal Ika

Diketahui, program pemberdayaan masyarakat ini diarahkan untuk penciptaan wirausaha baru minimal 2 sampai 3 orang tiap RT. Kelompok sasarannya adalah bagi warga miskin, kegiatan kebersihan lingkungan, dan lain-lain dalam bidang ekonomi, agama, sosial budaya, dan lingkungan hidup.

[NFA-2]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltim kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button