Samarinda

Sekretaris Komisi IV DPRD Samarinda Minta Pemkot Verifikasi Ulang Data Kemiskinan

Sekretaris Komisi IV DPRD Samarinda, Deni Hakim Anwar. (Istimewa).

Editorialkaltim.com – Sekretaris Komisi IV DPRD Samarinda, Deni Anwar Hakim meminta Pemerintah Kota (Pemkot) untuk segera melakukan pendataan atau verifikasi ulang terhadap angka kemiskinan di Kota Tepian. Menurutnya, data kemiskinan dianggap belum valid, sehingga penerima bantuan sosial pun perlu dilakukan pendataan ulang.

“Penting Pemkot Samarinda memperbaiki terlebih dahulu data kemiskinan sebelum menganalisis kebijakan apa yang dapat ditempuh untuk mengentaskan kemiskinan di Kota Tepian ini,” ujarnya.

Baca  Ketua Komisi II DPRD Samarinda Tanggapi Rencana Revitalisasi Citra Niaga

Jika data kemiskinan tidak valid, maka kebijakan atau program yang diambil juga tidak akan efektif dalam menangani masalah kemiskinan. Verifikasi ulang data kemiskinan juga akan memastikan bahwa bantuan sosial dan pemberdayaan ekonomi yang diberikan tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dia menegaskan, hal ini juga berkaitan dengan anggaran, dimana semakin tinggi angka kemiskinan, semakin banyak kebijakan atau intervensi melalui bansos atau pemberdayaan yang perlu diberikan kepada masyarakat yang berkategori miskin.

Baca  Dewan Dukung Pemerintah Tertibkan Algaka 

“Jika angka kemiskinan dibiarkan dan tidak ada solusi, angka pengangguran akan semakin tinggi dan berdampak pada meningkatnya angka kriminalitas, perceraian, dan kekerasan rumah tangga,” tegasnya.

Untuk informasi, pada 2022 telah dilakukan pendataan keluarga miskin yang dilakukan oleh Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dimana Samarinda jumlah penduduk miskinnya sebesar 44.524 jiwa dengan jumlah keluarga sebesar 8.825 KK dengan kemiskinan ekstrem sebesar 8.040 jiwa.

Baca  Absennya Manajemen RSHD dalam Hearing DPRD Samarinda Jadi Sorotan

[NFA-2]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button