Samarinda

Sekretaris Komisi II DPRD Samarinda Respon Pembentukan Dewan Pengawas Varia Niaga

Sekretaris Komisi II DPRD Samarinda, Novi Marinda Putri. (qon/editorialkaltim).

Editorialkaltim.com – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Varia Niaga akan segera memiliki dewan pengawas, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda tengah melaksanakan penjaringan bakal calon Anggota Dewan Pengawas Perumda Varia Niaga periode 2023-2027. Dewan Pengawas dibentuk dengan harapan mampu mengontrol dan memberikan masukan kepada jajaran direksi dalam menjalankan perumda.

Akan tetapi terbentuknya dewan pengawas ini justru mendapatkan tanggapan yang berbeda dari Sekretaris Komisi II DPRD Samarinda, Novi Marinda Putri. Menurutnya, dengan dibentuk dewan pengawas ini Pemkot Samarinda seperti merasa ada sesuatu yang tidak berjalan baik dari Perumda Varia Niaga.

“Sebenarnya pemkot itu pasti merasa ada sesuatu yang gak bener dari Varia Niaga, karena untuk apa dibentuk dewan pengawas kalau mereka sudah benar? jadi memang selama ini varia niaga itu belum ada hasil yang signifikan untuk PAD Samarinda. Sedangkan, yang namanya Perusda itu dibentuk, untuk meningkatkan PAD,” ucapnya pada, Rabu (12/04/23).

Baca  Nursobah Dorong Mahasiswa Pahami Konstruksi APBD

Politisi PAN ini menegaskan, perlu diperhatikan kembali tugas dan fungsi dewan pengawas Perumda Varia Niaga. Agar dapat memberikan penekanan melalui arahan, sehingga mampu mendorong Varia Niaga untuk lebih berkembang kedepannya.

“Semoga dengan adanya pengawas varia niaga mampu meningkatkan variasi dan inovasi demi PAD Samarinda,” jelasnya.

Baca  Ketua Dewan Jelaskan Fungsi Legislatif dalam Penyusunan APBD ke Mahasiswa Unmul

Mengevaluasi kinerja Perumda Varia Niaga yang belum menghasilkan PAD secara signifikan, Novi memiliki pandangan kepada Pemkot Samarinda untuk membentuk kembali Perusda, yang setiap Perusdanya fokus membidagi satu usaha.

“Varia Niaga ini awalnya ke pangan eh tiba tiba menjalar ke hal hal yang macem2 dan tidak fokus. Jangan sampai perusda itu satu tapi menggurita, selagi hasilnya signifikan itu ga ada masalah tapi ini kan cabangnya banyak sedangkan hasilnya nihil,” imbuhnya.

“Salah satunya yang gagal itu adalah pengelolaan parkir yang pernah di uji coba selama 3 bulan. Dan sampai sekarang masih menyisakan beberapa masalah,” lanjutnya.

Baca  Abdul Rofik Jabat Ketua Pansus Perlindungan dan Pendistribusian UMKM ke Pasar Modern

Dia berharap, terbentuknya Dewan Pengawas Varia Niaga itu dapat membangkitkan kinerja Varia Niaga yang lebih baik lagi, dan bisa meningkatkan PAD bagi Samarinda.

“Dalam pembentukan dewan pengawas DPRD tidak dilibatkan sama sekali, meski begitu semoga dengan adanya dewan pengawas ini bisa meningkatkan PAD dari bagian yang sudah varia niaga lakukan,” tutupnya.

[QON | NFA | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Mari bergabung di Grup Telegram “editorialkaltim”, caranya klik link, https://t.me/editorialkaltimcom kemudian join. Anda harus mengistal Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Related Articles

Back to top button