Samarinda

Pertajam Fungsi Dan Wewenang, Sekretaris DPRD Samarinda Dialog Bersama Mahasiswa dan Wartawan

Foto bersama dalam acara Dialog Sekwan Agus Tri dengan mahasiswa di Pojok Kopi. (Editorialkaltim/Adryan)

Editorialkaltim.com – Dialog antara Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Samarinda, Agus Tri Susanto, dan mahasiswa berlangsung di Pojok Kopi Jalan Juanda pada Jumat (21/6/2024). Acara yang mengusung tema “Harmonisasi Lembaga-lembaga Politik dan Birokrasi” ini, dihadiri sejumlah mahasiswa dan perwakilan media.

Sekretaris Dewan, Agus Tri Susanto, menjelaskan banyak pertanyaan yang muncul dari masyarakat tentang tugas dan tanggung jawab Sekwan menunjukkan adanya salah persepsi. “Banyak yang salah persepsi tentang tugas dari Sekwan,” ungkapnya.

Baca  Samarinda Menghormati Pahlawan: Semangat Kebangsaan dalam Peringatan Hari Pahlawan

Menurut Agus, terdapat perbedaan yang signifikan antara peran DPRD dan Sekwan. “Keduanya memiliki wewenang yang berbeda, di mana tugas Sekwan adalah menjaga harmonisasi antara lembaga politik, termasuk DPRD dan Pemerintah Kota,” jelas Agus.

Lebih lanjut, Agus membahas pentingnya netralitas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjaga harmonisasi politik. “Seorang ASN harus menjaga netralitas untuk tidak memihak atau condong terhadap partai politik manapun, agar tidak mempengaruhi arah kebijakan,” tuturnya.

Baca  Kurangnya Serapan Anggaran APBD, Puji Dorong Dinas Kesehatan Samarinda Koordinasi OPD Dimaksimalkan

Dialog itu berlangsung interaktif, dengan antusiasme tinggi dari peserta selama sesi tanya jawab. Agus menyambut baik dinamika yang terjadi, termasuk pertanyaan yang melebar dari topik utama, seperti isu konsesi tambang. “Pertanyaan melebar kalau kita duduk diskusi pasti dinamika diskusi pasti berjalan saya sangat bersyukur kemudian banyak pertanyaan yang melebar sekali tidak apa-apa juga,” paparnya.

Baca  Tiket Pesawat Mahal, Dewan Samarinda Respon Positif Langkah Wali Kota Surati Kemenhub

Agus berharap mendapatkan saran dan masukan dari mahasiswa untuk kesekretariatan DPRD, mengingat kesibukannya yang membuatnya kurang memiliki waktu untuk berinovasi. “Sebenarnya kalau bisa ngobrol lama sama teman-teman mahasiswa kemudian dapat pemikiran-pemikiran yang out of the box pemerintahan,” pungkasnya.(adr/shn/adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Back to top button