Zona Kampus

Pendaftaran KIP Kuliah 2024 Sudah Dibuka, Catat Jadwal Pentingnya

Ilustrasi mendaftar Beasiswa KIP (Foto: Unsplash)

Editorialkaltim.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tahun 2024. Program ini dirancang untuk mendukung siswa berprestasi yang memiliki keterbatasan finansial untuk melanjutkan pendidikan tinggi, mulai dari diploma tiga (D3) hingga strata satu (S1).

Pendaftaran KIP Kuliah tahun ini telah dibuka sejak 12 Februari 2024, menawarkan kesempatan emas bagi siswa untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan hingga selesai.

“KIP Kuliah merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia,” ungkap Plt. Kepala Puslapdik, Abdul Kahar melalui Siaran Pers saat Webinar Sosialisasi Pendaftaran KIP Kuliah 2024 (12/2/2024).

Baca  Pendaftaran Beasiswa Balikpapan Sudah Dibuka, Pemkot Siapkan Anggaran Rp5 Miliar

KIP Kuliah tidak hanya meliputi biaya kuliah penuh, tetapi juga menyediakan uang saku bagi para mahasiswa, memastikan mereka dapat fokus pada studi tanpa terbebani masalah finansial.

Program ini terbuka bagi mahasiswa baru yang mendaftar di perguruan tinggi negeri maupun swasta, dengan harapan dapat mengurangi beban finansial mahasiswa dan keluarganya.

Calon pendaftar KIP Kuliah 2024 harus memenuhi beberapa persyaratan dasar, di antaranya memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang valid. Kemendikbudristek menekankan pentingnya mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut sebelum mendaftar.

Baca  Cek Sekarang, Penerima Beasiswa Kaltim Tuntas Tahap 2 Sudah Diumumkan

Adapun jadwal pendaftaran dan seleksi KIP Kuliah 2024 adalah sebagai berikut: registrasi akun dimulai dari 12 Februari hingga 31 Oktober 2024.

Seleksi akan dilaksanakan di perguruan tinggi mulai 1 Juli hingga 31 Oktober 2024, dengan penetapan penerima baru dilakukan dalam periode yang sama.

Tahun ini, Kemendikbudristek telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp13,9 triliun untuk program KIP Kuliah, dengan target sasaran sebanyak 985.577 mahasiswa.

Baca  Daya Tampung Jalur SNBP Unmul 2023 di Setiap Fakultas hingga Jurusan

Dari jumlah tersebut, 200.000 di antaranya adalah mahasiswa baru penerima KIP Kuliah, sementara sisanya merupakan mahasiswa penerima KIP Kuliah on going dan mahasiswa yang menerima bantuan biaya pendidikan on going. (ndi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari editorialkaltim.com. Follow instagram “editorialkaltim”, caranya klik link https://www.instagram.com/editorialkaltimcom/ untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button